Search This Blog

3 Doa Nisfu Syaban Lengkap dengan Artinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Doa Nisfu Syaban Lengkap dengan Artinya
Mar 30th 2024, 20:13, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi untuk 3 doa Nisfu Syaban. Sumber: pexels.com/Yasir Gurbuz
Ilustrasi untuk 3 doa Nisfu Syaban. Sumber: pexels.com/Yasir Gurbuz

3 doa Nisfu Syaban adalah amalan yang dapat dilakukan umat Islam saat malam Nisfu Syaban. Nisfu Syaban sendiri adalah salah satu waktu yang mulia dalam Islam.

Malam Nisfu Syaban jatuh pada pertengahan bulan syaban, yakni pada 15 bulan Syaban dalam kalender Hijriah. Umat muslim dianjurkan untuk mengisi malam Nisfu Syaban dengan berbagai amalan seperti membaca doa

3 Doa Nisfu Syaban

Ilustrasi untuk 3 doa Nisfu Syaban. Sumber: pexels.com/Alena Darmel
Ilustrasi untuk 3 doa Nisfu Syaban. Sumber: pexels.com/Alena Darmel

Menurut buku Resep Keselamatan dan Kebahagiaan oleh Luqman Al Hakim (2018: 100), malam Syaban paling utama adalah malam Nisfu Syaban. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan berbagai amalan ibadah. Seperti yang diterangkan dalam hadits berikut ini:

"Malam Nisfu Syaban, maka hidupkanlah dengan salat dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah turun ke langit dunia pada malam itu, lalu Allah bersabda: "Orang yang meminta ampunan akan Aku ampuni, orang yang meminta rizqi akan Aku beri dia rizqi, orang-orang yang mendapatkan cobaan maka aku bebaskan, hingga fajar menyingsing." (HR. Ibnu Majah, Baihaqi).

Umat Islam dapat mengisi malam Nisfu Syaban dengan berbagai amalan. Di antaranya adalah dengan memanjatkan doa. Menurut situs nu.or.id, berikut ini 3 doa Nisfu Syaban yang dilengkapi dengan artinya agar lebih bermakna:

1. Doa Nisfu Syaban dari Sayyid Utsman Bin Yahya

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu 'alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in'am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma'manal kha'ifin. Allahumma in kunta katabtani 'indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran 'alayya fir rizqi, famhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni 'indaka sa 'idan marzuqan muwaffaqan lil khairat. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal 'ala lisani nabiyyikal mursal, "yamhullahu ma yasya'u wa yutsbitu, wa 'indahu ummul kitab" wa shallallahu 'ala sayyidina muhammad wa ala alihi wa shahbihi wa sallama, walhamdu lillahi rabbil 'alamin.
Artinya: "Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemiliki kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk bebruat kebaikan karena Engkau telah berkata-sementara perkataanMu adalah benar di kitabMu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusanMu, 'Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.'Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."

2. Doa Nisfu Syaban dari Syekh Abdul Qadir Al-Jilani

Allahumma shalli 'ala Muhammadin wa alihi, Mashabihil hikmati wa mawalin ni'mati. wa ma'adinil 'ishmati, wa 'shimni bihim min kulli suin, wa la ta'khudzni ala ghirratin wa la 'ala ghaflatin, wa la taj'al 'awaqiba amri hasratan wa nadamatan, wardla 'anni, fainna maghfirataka lidh dhalimin, wa ana minadh dhalimina, allahumma ighfir li ma la yadlurruka, wa a'thini ma la yanfa'uka, fainnaka alwasi'atu rahmatuhu, al-badi'atu himatuhu, fa a'thini as-sa'ata wad da'ata, wal-amna was-shihhata wasy-syukra wal-mu'afata wattaqwa, wa afrighiash-shabra wash-shidqa 'alayya, wa 'ala auliyai fika, wa a'thini al-yusra, wala taj'al ma'ahu al-'usra, wa a'imma bi dzalika ahli wa waladi wa ikhwani fika, wa man waladani minal muslimina wal muslimati wal mu'minina wal mu'minati.
Artinya: "Ya Allah limpahkan rahmat ta'dhim-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, lampu-lampu hikmah, tuan-tuan nikmat, sumber-sumber penjagaan. Jagalah aku dari segala keburukan lantaran mereka, janganlah Engkau hukum aku atas kelengahan dan kelalaian, janganlah Engkau jadikan akhir urusanku suatu kerugian dan penyesalan, ridhailah aku, sesungguhnya ampunanMu untuk orang-orang zhalim dan aku termasuk dari mereka, ya Allah ampunilah bagiku dosa yang tidak merugikanMu, berilah aku anugerah yang tidak memberi manfaat kepadaMu, sesungguhnya rahmat-Mu luas, hikmah-Mu indah, berilah aku kelapangan, ketenangan, keamanan, kesehatan, seyukur, perlindungan (dari segala penyakit) dan ketakwaan. Tuangkanlah kesabaran dan kejujuran kepadaku, kepada kekasih-kekasihku karena-Mu, berilah aku kemudahan dan janganlah jadikan bersamanya kesulitan, liputilah dengan karunia-karunia tersebut kepada keluargaku, anakku, saudara-saudaraku karena-Mu dan para orang tua yang melahirkanku dari kaum muslimin muslimat, serta kaum mukminin dan mukminat." (Syekh Abdul Qadir Al-Jilani, Ghunyah al-Thalibin, juz 3, hal. 249)

3. Doa Nabi Adam

Allahumma inna ta'lamu sirrii wa'alaaniyati faqbal ma'dzirati, wata'lamu haajatii fa'thinii suaa-li, wata'lamu maa fii nafsii faghfir lii dzambii. Allaahumma innii as-aluka imaanan yubasyiru qalbii wa yaqiinan shaadiqan hattaa a'lamu annahu laa yushiibunii illaa maa katabta lii waraddani biqadhaa-ik
Artinya: "Ya Allah, sungguh Engkau tahu apa yang tersembunyi dan tampak dariku, maka terimalah penyesalanku. Engkau tahu kebutuhanku, maka kabulkanlah permintaanku. Engkau tahu apa yang ada dalam diriku, maka ampunilah dosaku. Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu iman yang menyentuh kalbuku dan keyakinan yang benar hingga aku tahu bahwa tidak akan menimpaku kecuali telah Engkau tetapkan atasku. Ya Allah berikanlah rasa rela terhadap ketetapanmu."

Baca juga: 4 Amalan Nisfu Syaban yang Bisa Datangkan Berkah

Selain berdoa, amalan lain yang dapat dilakukan umat muslim pada malam Nisfu Syaban di antaranya adalah berdzikir, membaca Surat Yasin 3 kali, menjalankan salat tahajud dan witir, serta memperbanyak istighfar. Demikian bacaan 3 doa Nisfu Syaban yang dianjurkan dibaca umat Muslim. Semoga dapat bermanfaat.(IND)

Media files:
01ht79c8951vj41m5vxdxf0kye.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar