Search This Blog

13 Jenis Gerak Langkah dan Ayunan Lengan dalam Senam Berirama

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
13 Jenis Gerak Langkah dan Ayunan Lengan dalam Senam Berirama
Mar 3rd 2024, 17:46, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama - Sumber: pexels.com/@marta-wave/
Ilustrasi Gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama - Sumber: pexels.com/@marta-wave/

Terdapat berbagai macam gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama. Senam irama adalah jenis senam yang dilakukan dengan mengikuti irama musik tertentu. Gerakan tubuh disesuaikan dengan ritme, tempo, dan ketukan musik yang dimainkan.

Tujuan utama dari senam irama adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik. Termasuk koordinasi tubuh, kelenturan, kekuatan otot, dan keseimbangan, sambil menikmati musik.

Gerak Langkah dan Ayunan Lengan dalam Senam Berirama

Ilustrasi Gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama - Sumber: pexels.com/@cottonbro/
Ilustrasi Gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama - Sumber: pexels.com/@cottonbro/

Senam irama sering dilakukan dalam kelompok dan dipimpin oleh seorang instruktur. Gerakan dalam senam irama cukup beragam, termasuk langkah, ayunan lengan, gerak lompat, dan gerakan lainnya yang disinkronkan dengan irama musik yang sedang dimainkan.

Berdasarkan buku Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII, Drs. Muhajir, M.Pd., (2023), terdapat beberapa jenis pola gerakan langkah kaki dalam senam berirama. Gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Gerakan pola langkah biasa (Looppas): Berdiri tegak, tangan di pinggang. Langkah kaki kanan ke depan diikuti kaki kiri secara bergantian.

  2. Gerakan pola langkah rapat (Bijtrekpas): Berdiri tegak, tangan di pinggang. Langkah kaki kanan ke depan diikuti kaki kiri dengan menyusul dan diselaraskan secara berulang.

  3. Gerakan pola langkah depan (Galoppas): Berdiri tegak, tangan di pinggang. Langkah kaki kanan ke depan diikuti kaki kiri dengan menyusul dan diselaraskan secara bergantian.

  4. Gerakan pola silang: Berdiri tegak, tangan di pinggang, langkah kaki kiri menyilang ke samping kanan. Kemudian kaki kanan melangkah ke samping kiri, dan seterusnya.

  5. Gerakan pola langkah samping (Zijpass): Berdiri tegak, tangan di pinggang. Langkah kaki kanan ke samping kanan diikuti kaki kiri, kemudian sebaliknya.

  6. Gerakan pola lompat ke depan: Berdiri tegak, tangan di pinggang. Lompat dengan kaki kanan diikuti dengan langkah kaki kiri, dan sebaliknya.

  7. Gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki: Berdiri tegak, tangan di pinggang. Buka kedua kaki ke samping kemudian tutup secara bersamaan, lalu ulangi.

Sedangkan, beberapa jenis gerakan ayunan yang ada di dalam olahraga senam irama adalah sebagai berikut.

  1. Gerakan ayunan satu lengan dari depan ke belakang.

  2. Gerakan ayunan satu lengan ke samping.

  3. Gerakan ayunan satu lengan ke samping sambil memindahkan bobot tubuh.

  4. Gerakan ayunan dua lengan dari depan ke belakang.

  5. Gerakan ayunan dua lengan silang di depan tubuh.

  6. Gerakan variasi langkah kaki dan ayunan lengan.

Baca Juga: 4 Pola Dasar Gerak Irama dalam Olahraga Senam Irama

Gerak langkah dan ayunan lengan dalam senam berirama memiliki manfaat fisik dan psikologis. Seperti meningkatkan mood, mengurangi stres, dan menambah rasa bahagia. (DNR)

Media files:
01hr1nxjcfczzgfabbbcfswthf.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar