Search This Blog

Alasan Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alasan Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia
Feb 25th 2024, 17:49, by Berita Terkini, Berita Terkini

Mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia. Sumber: Pexels.com
Mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia. Sumber: Pexels.com

Greenwich merupakan acuan waktu yang digunakan oleh negara-negara di seluruh dunia. Tentu saja hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Lantas, sebenarnya mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia?

Pertanyaan ini kerap kali ditanyakan oleh siswa saat belajar tentang geografi. Oleh karena itulah, tidak heran jika banyak siswa yang penasaran dan tertarik untuk cari tahu lebih banyak tentang hal tersebut.

Mengapa Waktu di Greenwich Dijadikan Acuan Waktu Dunia?

Mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia. Sumber; pexels.com
Mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia. Sumber; pexels.com

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Greenwich adalah kota yang berada di Inggris. Adapun kesepakatan terkait menjadikan Greenwich sebagai acuan waktu dunia sudah dilakukan sejam 1884. Di mana nama kota tersebut digunakan sebagai rujukan waktu internasional dengan sebutan Greenwich Mean Time (GMT).

Mengutip dari buku Cerdas Menjawab Soal Geografi SMA/MA, Jaka Firman Purnama (2019), berikut ini adalah beberapa alasan mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia.

1. Konferensi Nasional

Alasan pertama yang membuat Greenwich dijadikan sebagai acuan waktu dunia adalah karena diadakannya konferensi nasional. Pada tahun 1884, konferensi tersebut dilaksanakan di Washington DC. Agenda inilah yang menjadi cikal bakal diputuskannya Greenwich sebagai patokan waktu utama dunia internasional.

Tentu saja hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Pasalnya, ketentuan ini diambil sesuai dengan diskusi yang sebelumnya sudah dilakukan. Dengan kata lain, keputusan menjadikan Greenwich sebagai patokan waktu sudah melalui pertimbangan yang panjang.

2. Lokasi Greenwich di Garis Meridian Utama

Alasan selanjutnya adalah karena lokasi Greenwich yang berada di garis meridian utama atau derajat nol. Greenwich berada di meridian nol yang menjadi garis imajiner antara kutub utara ke kutub selatan.

Adapun meridian nol dipilih karena menjadi garis yang paling tepat untuk membagi dunia ke dalam zona waktu yang berbeda-beda. Pada perkembangannya, GMT sudah digunakan sebagai patokan waktu dunia.

Akan tetapi, penggunaan GMT ditangguhkan setelah munculnya Universal Time Coordinated (UTS). Walaupun begitu, status Greenwich hingga kini masih dikenal sebagai patokan waktu internasional dan rujukan untuk menentukan zona waktu negara di seluruh dunia.

Baca Juga: Alasan Belajar Sejarah Sangat Besar Manfaatnya bagi Suatu Bangsa

Jadi, itu dia dua alasan mengapa waktu di Greenwich dijadikan acuan waktu dunia yang menarik untuk disimak. (Anne)

Media files:
01hqfdr7qqgtv9r8q68ca19qv7.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar