Search This Blog

Macam-Macam Gaya yang Bekerja selama Penerbangan pada Pesawat

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Macam-Macam Gaya yang Bekerja selama Penerbangan pada Pesawat
Feb 25th 2024, 17:52, by Berita Terkini, Berita Terkini

Macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan. Sumber; pexels.com
Macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan. Sumber; pexels.com

Masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui cara kerja pesawat agar bisa terbang di udara. Padahal sebenarnya kemampuan pesawat untuk terbang tidak terlepas dari gaya yang digunakan. Jadi, untuk bisa memahami cara kerja pesawat, sangat penting untuk mengetahui macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan.

Hal ini karena ternyata pesawat terbang tidak hanya menggunakan satu gaya saja selama proses penerbangan di udara. Bagi mahasiswa teknik sipil ataupun yang mengambil jurusan aviasi, sudah pasti familiar dengan hal ini.

Macam-Macam Gaya yang Bekerja selama Penerbangan pada Pesawat Terbang

Macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan. Sumber: pexels.com
Macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan. Sumber: pexels.com

Sebelumnya perlu diketahui bahwa bagus atau tidaknya penerbang dalam sebuah penerbangan, akan bergantung pada kemampuan untuk merencanakan dan berkoordinasi dengan penggunaan tenaga dan kendali pesawat untuk mengubah gaya yang ada.

Keseimbangan dari gaya-gaya itulah yang kemudian harus bisa dikendalikan oleh penerbang. Jadi, semakin baik pemahaman dari gaya-gaya dan cara mengendalikannya, maka akan semakin baik juga keterampilan seorang penerbang.

Mengutip dari buku Teknik Sipil, La Ode Muhamad Nurrakhmad Arsyad, Budi Witjaksana, dan Donny Dwy Judianto Leihitu (2023:40), berikut ini adalah macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan pada pesawat terbang.

  1. Thrust, yakni gaya dorong yang dihasilkan oleh mesin (power plant) atau baling-baling. Gaya ini merupakan kebalikan dari gaya tahan (drag). Adapun aturan umum pada gaya ini adalah thrust beraksi paralel dengan sumbu longitudinal. Namun, sebenarnya hal ini tidak selalu terjadi.

  2. Drag, yakni gaya ke belakang atau menarik mundur yang disebabkan oleh gangguan aliran udara oleh sayap, fuselage, dan objek-objek lain. Drag ini merupakan kebalikan dari gaya thrust dan beraksi ke belakang paralel dengan arah angin relatif (relative wind).

  3. Weight, yakni gaya berat yang merupakan kombinasi dari muatan pesawat, awak pesawat, bahan bakar, dan kargo atau bagasi. Gaya weight ini akan menarik pesawat ke bawah karena gaya gravitasi. Weight melawat lift (gaya angkat) dan beraksi secara vertikal ke bawah melalui center of gravity yang ada di pesawat.

  4. Lift, yakni gaya angkat yang merupakan lawan dari gaya weight. Gaya ini dihasilkan oleh efek dinamis dari udara yang beraksi di sayap dan beraksi tegak lurus pada arah penerbangan melalui center of lift dari sayap.

Baca Juga: Mengenal Tangki Bahan Bakar Integral pada Pesawat

Itulah macam-macam gaya yang bekerja selama penerbangan pada pesawat terbang. (Anne)

Media files:
01hqfech9n6zr5gm37npy8vfqd.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar