Search This Blog

Target Nilai Kontrak di BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 USD 80 Juta

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Target Nilai Kontrak di BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 USD 80 Juta
Dec 2nd 2023, 21:02, by Angga Sukmawijaya, kumparanBISNIS

Suasana acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Foto: Dok. BRI
Suasana acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Foto: Dok. BRI

Nilai kesepakatan melalui business matching di ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR dilaporkan terus meningkat. Pada 2019 tercatat USD 33,5 juta, naik pada 2020 menjadi USD 57,5 juta, dan pada 2021 menjadi USD 72,1 juta.

Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI, Sunarso, mengatakan pada 2021 menjadi sangat menarik karena BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR digelar secara virtual akibat pandemi. Kemudian pada 2022 lalu itu nilainya mencapai USD 76,7 juta.

"Nilai kontrak yang tahun ini kami targetkan USD 80 juta. Saya kira yang paling penting, tujuan utama adalah memperkuat neraca jam kerja yang dilakukan oleh masyarakat banyak, bukan sekadar neraca perdagangan," kata Sunarso.

BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR mengajak 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM di antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, 6 UMKM binaan Perusahaan Anak, 153 UMKM local heroes.

Kemudian 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), dan 9 UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi & UKM.

Terdapat lima kategori pada BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi yakni Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, dan Fashion & Wastra, serta Healthcare/Wellness.

Sunarso menambahkan bahwa melalui BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan nilai tambahnya sehingga dapat memberikan pekerjaan kepada masyarakat sebagai salah satu jalan mencapai kesejahteraan.

Suasana acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Foto: Dok. BRI
Suasana acara BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Foto: Dok. BRI

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengatakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR adalah wujud keseriusan BRI, sebagai bank yang memang fokus mengembangkan bisnis UMKM di Indonesia melalui pembinaan dan pemberdayaan.

Tujuannya, kata Amam, BRI tidak ingin berhubungan bisnis dengan nasabah hanya di satu titik saja. "Tapi kita ingin berhubungan dengan nasabah itu juga dengan cara yang sustainable. Yang nantinya ke depan bisa tumbuh bersama," tuturnya.

Dia menjelaskan, BRI pun berharap semakin banyak UMKM yang menjadi peserta BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Selain karena dapat mendorong ekspor, UMKM yang pernah mengikuti ajang ini dapat menularkan semangat kepada UMKM-UMKM milenial yang ada di daerah. Peserta UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pun akan berada dalam ekosistem atau komunitas yang sama sehingga tetap akan melakukan sharing informasi terkait keberlanjutan usahanya ke depan.

"Dan yang kita harapkan memang bisa membawa UMKM-UMKM Indonesia yang memang menjadi binaan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR ini dapat terus meningkatkan usahanya untuk terus naik kelas," ujarnya.

Media files:
01hgncfapaz8481fgnwj4xdfyw.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar