Search This Blog

Mengenal Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Mengenal Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran
Dec 23rd 2023, 22:57, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran. Sumber: Unsplash/CDC
Ilustrasi Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran. Sumber: Unsplash/CDC

Kriteria rubrik yang baik untuk penilaian selama pembelajaran adalah objektif, konsisten, serta adil. Ketika suatu rubrik memiliki ketiga unsur tersebut, pendidik akan lebih mudah dalam memberikan penilaian.

Selain itu, rubrik yang objektif, konsisten, serta adil tersebut juga dapat membantu peserta didik lebih memahami ekspektasi atau standar dari tugas yang dikerjakan. Oleh karena itu, tidak heran jika pendidik bekerja keras untuk menyusun rubrik yang baik.

Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran

Ilustrasi Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran. Sumber: Unsplash/National Cancer Institute
Ilustrasi Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran. Sumber: Unsplash/National Cancer Institute

Kriteria rubrik yang baik untuk penilaian selama pembelajaran merupakan informasi penting bagi para pendidik. Informasi tersebut termasuk penting karena rubrik adalah sarana untuk memberikan penilaian terhadap pekerjaan atau tugas peserta didik.

Dikutip dari buku Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa, Nurgiyantoro (2018: 32), kriteria merupakan pernyataan yang menggambarkan tingkat capaian, bukti-bukti nyata capaian belajar, serta subjek belajar dengan kualitas tertentu yang diinginkan.

Rubrik yang baik perlu memiliki beberapa kriteria krusial yang meliputi objektivitas, konsistensi, serta keadilan. Tiga kriteria tersebut diperlukan agar rubrik dapat menjadi sarana penilaian yang baik bagi pendidik serta peserta didik.

Ketika rubrik memenuhi kriteria tersebut, pendidik akan lebih mudah dalam melakukan penilaian. Kemudian, peserta didik pun akan lebih mudah dalam memahami ekspektasi atau standar dari setiap tugas yang dikerjakan.

Berdasarkan kondisi tersebut, diketahui bahwa umumnya rubrik disusun sebelum melaksanakan pembelajaran. Jadi, pada proses pembelajaran, pendidik bisa langsung mengisinya sesuai dengan capaian serta subjek belajar peserta didik.

Empat Kriteria dalam Rubrik

Ilustrasi Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran. Sumber: Unsplash/Kenny Eliason
Ilustrasi Kriteria Rubrik yang Baik untuk Penilaian Selama Pembelajaran. Sumber: Unsplash/Kenny Eliason

Objektif, konsisten, dan adil merupakan kriteria rubrik secara umum. Cara untuk memahami kriteria rubrik secara lebih jelas adalah memahami empat kriteria yang terdapat dalam metarubrik.

Dikutip dari buku Aplikasi Rubrik untuk Penilaian Belajar Siswa karya Endrayanto dan Yustiana (2017: 86), menurut Arter dan McTighe, metarubrik adalah sebuah rubrik untuk mengevaluasi rubrik. Jadi, metarubrik merupakan rubrik untuk rubrik.

Metarubrik memiliki empat kriteria. Mengutip dari buku yang sama, Endrayanto dan Yustiana (2017: 86 – 87), berikut adalah empat kriteria yang terdapat pada metarubrik.

1. Isi atau Cakupan

Isi di dalam rubrik dapat menjelaskan kualitas keterampilan, hasil pekerjaan peserta didik, atau keduanya. Isi rubrik dapat menentukan hal yang harus dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai hasil pembelajaran terbaik.

2. Mudah dipahami

Rubrik yang dibuat oleh pendidik atau dibuat oleh pendidik bersama peserta didik. Oleh karena itu, rubrik semestinya mudah dipahami oleh pendidik dan peserta didik.

3. Praktis

Kepraktisan sebuah rubrik mengacu pada kemudahan menggunakannya. Contoh tolok ukur kemudahan tersebut adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  • Dapatkah pendidik dan peserta didik mudah memahami serta menggunakan rubrik?

  • Apakah rubrik dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan pengajaran dan mampu memberikan informasi perkembangan hasil atau prestasi pembelajaran peserta didik?

  • Dapatkah rubrik yang dibuat bukan lagi sekadar instrumen penilaian, melainkan bisa dimanfaatkan peserta didik untuk meningkatkan pencapaian pembelajaran peserta didik?

4. Kualitas Teknis atau Adil

Kriteria kualitas teknis atau adil menunjukkan bahwa rubrik yang dibuat pendidik dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran, dapat diterapkan secara konsisten, dan penilaiannya benar-benar dapat mengukur kualitas kemampuan peserta didik.

Baca juga: Perbedaan Asesmen Formatif dan Sumatif dalam Proses Pembelajaran

Demikian jelas bahwa kriteria rubrik yang baik untuk penilaian selama pembelajaran merupakan pemahaman penting bagi pendidik. Hal itu diperlukan agar selama proses pembelajaran, pendidik memiliki sarana penilaian yang objektif, konsisten, dan adil. (AA)

Media files:
01hjbmherxjf0e6r26f5x7hek0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar