Search This Blog

Libur Nataru, Penumpang di Bandara Radin Inten II Diprediksi Naik 39 Persen

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Libur Nataru, Penumpang di Bandara Radin Inten II Diprediksi Naik 39 Persen
Dec 10th 2023, 13:33, by Galih Prihantoro, Lampung Geh

Bandara Radin Inten II Lampung | Foto: Roza Hariqo/Lampung Geh
Bandara Radin Inten II Lampung | Foto: Roza Hariqo/Lampung Geh

Lampung Geh, Lampung Selatan - Jumlah penumpang di Bandara Radin Inten II diprediksi akan mengalami lonjakan pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Hal itu disampaikan Executive General Manager Bandara Radin Inten II Untung Basuki. Untung menyebut, kenaikan 39 persen itu dibandingkan dengan periode yang sama pada momen libur Nataru tahun lalu.

"Kami memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Radin Inten II mencapai 45.900 penumpang pada periode angkutan Nataru 2023/2024 atau 18 Desember 2023-4 Januari 2024 (H-7 hingga H+3). Jumlah ini naik 39 persen dibandingkan dengan angkutan Nataru 2022/2023," kata Untung Basuki, Minggu (10/12).

Untung menjelaskan, adapun puncak arus keberangkatan pertama diperkirakan terjadi pada Jumat, (22/12) mendatang, lalu puncak arus keberangkatan kedua pada Jumat, (29/12). Sementara itu, puncak arus balik diperkirakan pada 2 Januari 2024.

Dia mengungkapkan, penumpang pesawat pada periode Nataru ini didominasi wisatawan yang ingin berlibur.

"Sejalan dengan peningkatan lalu lintas penerbangan dan jumlah penumpang pesawat, Bandara Radin Inten II telah menyiapkan rencana operasi," ungkapnya.

Dikatakan Untung, rencana operasi tersebut mulai dari sisi kesiapan personel, Bandara Radin Inten II menyiagakan 190 personel baik dari internal maupun eksternal.

Seluruh fasilitas pelayanan dan operasional dipastikan juga siap dalam melayani peningkatan lalu lintas penerbangan.

"Kami menyiagakan sejumlah 190 personel baik internal maupun eksternal dengan jam operasi Bandara Radin Inten II yang tetap sama, yakni dari pukul 07.00 hingga 19.00 WIB," kata dia.

Menurutnya, bandara-bandara AP II juga dilengkapi dengan fasilitas TravelinPass guna memungkinkan penumpang pesawat memproses keberangkatan hanya dengan wajah melalui biometric face recognition, sehingga dapat mempersingkat waktu proses di bandara termasuk saat peak season.

Terkait aspek keselamatan, jelas Untung, Bandara Radin Inten II mempersiapkan unit Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) untuk selalu siaga.

Adapun guna terus mengasah skill dan meningkatkan kemampuan, unit ARFF di AP II menggelar ARFF Challenge dan ARFF Summit dengan tema 'Breaking the Limits, Preparing for the Next Challenge' pada 20-22 November dan 28-30 November 2023, atau menjelang periode angkutan Nataru 2023/2024.

ARFF Challenge dan ARFF Summit ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kesiapan, kesigapan dan kecakapan personel ARFF.

"Penyelenggaraan ini bertepatan menjelang periode angkutan nataru, sehingga kegiatan ini juga menjadi ajang meningkatkan kemampuan dan kesigapan dalam periode peak season akhir tahun," tandasnya. (Lih/Put)

Media files:
01hh960205j1kdmrts1ve29cj5.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar