Search This Blog

Kementerian BUMN Pastikan PalmCo Tak IPO di 2024

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kementerian BUMN Pastikan PalmCo Tak IPO di 2024
Dec 31st 2023, 08:24, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo. Foto: INKA
Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo. Foto: INKA

Kementerian BUMN memastikan subholding PTPN, PalmCo, tidak akan menggelar aksi initial public offering (IPO) pada 2024. Hal ini dikatakan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

"Belum lah, belum, belum (PalmCo IPO 2024), karena menurut saya kalau baru dikonsolidasi saja langsung di-IPO nanti evaluasinya juga enggak maksimal," kata Tiko, sapaan akrab Kartika saat di dalam Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation KA Argo Dwipangga Next Generations di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (30/12).

Alasannya adalah masih banyak lahan perkebunan sawit di bawah PalmCo yang harus ditanam kembali atau replanting. Tiko bilang, masih terdapat perkebunan sawit milik PTPN yang tidak terawat karena sempat ada masalah keuangan.

Pekerja memetik daun teh di Kebun Gunung Gambir PTPN XII, Sumberbaru, Jember, Jawa Timur, Selasa (5/10/2021). Foto: Seno/Antara Foto
Pekerja memetik daun teh di Kebun Gunung Gambir PTPN XII, Sumberbaru, Jember, Jawa Timur, Selasa (5/10/2021). Foto: Seno/Antara Foto

Rencananya replanting ini dilakukan terhadap 180 ribu hektare kebun sawit. Ditargetkan pada akhirnya nanti PalmCo dalam 2-3 tahun bisa mengelola 700 ribu hektare kebun sawit dan menjadi salah satu perusahaan perkebunan terbesar dunia. Namun untuk sampai sana, PalmCo butuh kemitraan sebelum melakukan IPO.

"Saya sih cenderung enggak IPO dulu lah, mungkin cari-cari partner dulu, karena gini, kan untuk investasi di replanting tadi," kata Tiko.

Tiko melihat produktivitas sawit PalmCo saat ini masih di bawah 20 ton per hektar, ada yang 15 bahkan 10 ton per hektare. Menurut Tiko, produktivitas sawit di perkebunan PalmCo ini juga menjadi indikator kesiapan PalmCo melantai di bursa saham.

"Nah itu harus kita samain dulu, kalau mau IPO, semuanya harus produktif dulu, supaya nanti pas evaluasi, tinggi, yang masih belang-belang kebunnya. Kalu di-IPO pas evaluasinya enggak optimal, jadi mendingan di fase awal seragamkan dulu semua produktivitasnya standar, merata, baru nanti kita IPO," ujarnya.

Tiko menambahkan, partner yang dicari PalmCo untuk melakukan kemitraan sebelum melakukan IPO adalah perusahaan yang punya kekuatan di downstream dan memiliki jaringan marketing skala global.

"Jadi satu, mereka memang punya kekuatan di downstream, dan dia punya di oil chemical-nya, punya jaringan global untuk marketingnya," pungkas Tiko.

Media files:
0180a96aec0a4455ca1cab3d24b7970f.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar