Search This Blog

Bisa #PakeBRImo, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Keuangan 2024 Minim Hambatan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bisa #PakeBRImo, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Keuangan 2024 Minim Hambatan
Dec 31st 2023, 09:00, by Nada Meita Nursiswati, Millennial

Ilustrasi merdeka finansial. Foto: Shutterstock
Ilustrasi merdeka finansial. Foto: Shutterstock

Akhir tahun jadi waktu yang tepat untuk melakukan evaluasi keuangan. Selain bisa mengetahui kondisi finansial setahun ke belakang, cara ini juga jadi acuan untuk merencanakan pengaturan keuangan yang lebih baik di masa depan.

Misal, bila tahun 2023 kamu belum sempat mengumpulkan dana darurat, coba sisihkan minimal 10 persen gaji bulan Januari 2024 untuk memulainya. Jangan khawatir bila jumlahnya masih sedikit, yang terpenting adalah kemauanmu untuk meraih kemerdekaan finansial.

Selain menyisihkan dana darurat, ada 5 kebiasaan lain yang bisa kamu lakukan agar keuangan 2024 minim hambatan. Beberapa di antaranya bahkan bisa makin mudah jika kamu menggunakan BRImo, lho!

Ya, sebagai aplikasi mobile banking dari BRI, BRImo menyimpan lebih dari 100 fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatur keuangan. Mulai dari transfer, buka rekening, investasi, sampai cek mutasi 5 tahun terakhir bisa dilakukan lewat satu aplikasi.

5 Kebiasaan untuk Keuangan yang Lebih Baik di 2024

1. Rutin print mutasi untuk membuat budget bulanan

Biasakanlah dirimu membuat budget pengeluaran bulanan mulai tahun 2024. Budgeting dapat membantumu mengalokasikan dana untuk kebutuhan, keinginan, serta tabungan.

Agar lebih mudah, coba cek mutasi untuk melihat catatan transaksi keuangan beberapa bulan ke belakang. Tak perlu ke kantor cabang, kamu cukup buka BRImo dan melakukan 8 langkah berikut.

1. Klik fitur Mutasi

2. Pilih "e-Statement"

3. Klik "Buat e-Statement" untuk memulai

4. Isi form berupa nomor rekening yang akan diunduh mutasinya serta pilih rentang waktu dan tipe dokumen (PDF/CSV).

5. Klik " Buat e-Statement" untuk melanjutkan proses berikutnya.

6. Tunggu sampai status berubah menjadi hijau dan tertera tulisan berhasil.

7. Bila status request sudah berhasil, klik "Unduh".

8. Mutasi rekening ini juga akan dikirimkan ke email yang telah kamu daftarkan di BRImo.

Ilustrasi cek mutasi rekening di BRImo. Foto: Shutterstock
Ilustrasi cek mutasi rekening di BRImo. Foto: Shutterstock

Dari mutasi rekening itu, coba biaya-biaya yang bisa kamu tambah atau kurangi. Selanjutnya, tentukan batas anggaran per pos pengeluaran. Dengan cara ini, cash flow bulananmu bisa lebih terkendali.

2. Lunasi utang, hindari gali tutup lubang

Di tahun baru, hindari menggampangkan pengajuan utang. Bila kamu masih ada tanggung jawab untuk melunasi suatu pinjaman, selesaikanlah terlebih dahulu.

Banyak financial planner yang menyarankan agar rasio utang tidak lebih dari 30 persen penghasilan. Selain menghindari risiko gagal bayar, jumlah ini dinilai jadi batas aman agar biaya hidup tidak terganggu.

Ingat, jangan mudah dimakan oleh gengsi masyarakat ya!

3. Beri batasan top-up e-wallet

Tanpa disadari, kemudahan pembayaran digital bikin kita kalap belanja. Untuk menyiasatinya, mulailah untuk membuat batasan nominal saat isi e-wallet. Misal, selama sebulan, kamu hanya boleh mengisi Rp 250 ribu saja. Bila mau, kamu juga bisa membagi anggaran tersebut ke beberapa e-wallet.

Tenang, ada banyak e-wallet di BRImo yang bisa kamu temukan. Cukup klik 'Dompet Digital', pilih e-wallet yang ingin kamu isi ulang, lalu masukan nominal sesuai budget bulanan.

4. Menyisihkan gaji untuk bayar asuransi

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, termasuk situasi-situasi yang bisa memperburuk kondisi finansial –seperti sakit, mobil rusak, bisnis bangkrut, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, memiliki asuransi di tahun 2024 termasuk salah satu langkah yang tepat. Asuransi bisa jadi proteksi untuk menjaga stabilitas finansial saat kamu mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Ilustrasi cek hipertensi di rumah sakit. Foto: Shutterstock
Ilustrasi cek hipertensi di rumah sakit. Foto: Shutterstock

Apalagi sekarang ada banyak jenis asuransi yang bisa kamu beli melalui BRImo. Mulai dari asuransi jiwa, kendaraan, hingga tempat tinggal dan usaha tersedia dalam satu aplikasi. Cukup pilih manfaat dan premi yang sesuai kebutuhan, lalu kamu pun sudah lebih terproteksi di tahun depan.

5. Investasi rutin tiap bulan dengan nominal yang sama

Masih ragu investasi? Yuk singkirkan pikiran tersebut di tahun baru karena investasi dapat membantumu mencapai tujuan keuangan. Entah untuk liburan, melanjutkan pendidikan, maupun pernikahan, berinvestasi merupakan salah satu cara agar finansialmu di masa depan minim hambatan.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih di BRImo: reksa dana, obligasi, SBN, hingga deposito. Jangan lupa ketahui profil risiko terlebih dahulu sebelum memutuskan instrumen yang akan kamu pilih ya!

Jadi, sudah siap menyambut 2024 dengan keuangan yang lebih baik? Yuk, mulai atur keuanganmu bareng BRImo dengan mengetahui informasi lebih lanjutnya di sini.

Tunggu apalagi? Download BRImo di Play Store, Apple Store, atau Huawei App Gallery sekarang!

#BRImo #SemuaPakeBRImo #MudahSerbaBisa

Artikel ini dibuat oleh kumparan Studio

Media files:
01hjyr6yxy7m3jz6485p4chsby.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar