Search This Blog

UMK Binaan PLN Tampilkan Produk dari Serat Abaka di Pameran Inacraft 2023

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
UMK Binaan PLN Tampilkan Produk dari Serat Abaka di Pameran Inacraft 2023
Oct 7th 2023, 21:50, by Tim Manado Bacirita, Manado Bacirita

Kain abaka yang terbuat dari serat pisang abaka menjadi produk unggulan yang ditawarkan PLN pada pameran Inacraft 2023.
Kain abaka yang terbuat dari serat pisang abaka menjadi produk unggulan yang ditawarkan PLN pada pameran Inacraft 2023.

MANADO - PLN menjadi salah satu peserta dalam pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center.

PLN membawa empat produk unggulan dari UMK binaan mereka. Salah satunya berasal dari UMK binaan PLN Suluttenggo yakni Cofo Indonesia, yang menawarkan produk kain tenun ikat abaka yang disebut kain kofo.

Kain kofo merupakan kain yang terbuat dari serat pisang abaka, spesies pisang yang tumbuh di daerah Sangihe Talaud dan banyak digunakan untuk material rumah tradisional dan bahan baku pembuatan kain.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, W Gautama, menjelaskan jika di kesempatan tersebut, pihaknya mendapatkan momen mempromosikan produk lokal dari Sulawesi Utara yaitu kain kofo.

"Menjadi sebuah harapan semoga seluruh masyarakat dapat lebih mengenal dan melestarikan warisan budaya yang telah ada turun temurun ini, serta PLN ikut ambil bagian pelayanan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar," ujar Gautama.

Tampilnya kain kofo di salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini, ternyata mendapat perhatian dari banyak orang. Beberapa orang yang terpantau mencari kain ini adalah Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga, Istri Menteri Koperasi dan UKM, Suzana Teten Masduki, Istri Direktur Utama PLN, Diny Sandra Dewi dan beberapa pengunjung lainnya.

Sementara, GM PLN UID Suluttenggo, J.A. Ari Dartomo mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki perhatian khusus terhadap pengembangan produk-produk UMK lokal dengan beberapa program yang telah dilakukan selama ini.

"Dukungan terhadap sektor UMK merupakan bentuk komitmen PLN untuk mencapai Sustainability Development Goals (SDG's) pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi utamanya dalam pilar pembangunan ekonomi guna mewujudkan pemberdayaan komunitas berkelanjutan," ungkap Ari.

manadobacirita

Media files:
01hc59v4k3y63vqc84k65c03cx.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar