Search This Blog

Ini Fungsi Driving Score Mitsubishi Xforce, Bisa Bikin Konsumsi BBM Makin Irit

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ini Fungsi Driving Score Mitsubishi Xforce, Bisa Bikin Konsumsi BBM Makin Irit
Oct 1st 2023, 07:42, by Gesit Prayogi, kumparanOTO

Media first drive Media first drive Mitsubishi Xforce di Karawang, Jawa Barat (7/9/2023). Xforce di Karawang, Jawa Barat (7/9/2023). Foto: Mitsubishi Motors
Media first drive Media first drive Mitsubishi Xforce di Karawang, Jawa Barat (7/9/2023). Xforce di Karawang, Jawa Barat (7/9/2023). Foto: Mitsubishi Motors

Bukan cuma memiliki empat modus berkendara, Mitsubishi Xforce juga memiliki fitur Driving Score. Apa manfaatnya?

Menurut Head of Sales Training Department MMKSI Arif Dwianto, fitur Driving Score Mitsubishi Xforce dirancang untuk memperbaiki kebiasaan mengemudi. Semakin tinggi skornya, konsumsi BBM Mitsubishi Xforce bisa makin irit.

"Driving score akan membandu pengendara untuk berkendara secara efisien, makin tinggi makin efektif dan efisien," papar Arif.

Skor pada Driving Score in mengacu dari sejumlah data pada mobil. Di mana sistem akan memabca seberapa agresif pengemudi dana menginjak pedal gas dan rem, serta roda kemudi.

Meski mesin Xforce berbasis Xpander, ada sejumlah optimasi yang membuat karakter performanya berbeda. Tiga berlian melakukan penyesuaian mesin untuk membuat performa mesin Xforce lebih baik ketika melewati jalan menanjak.

"Ada pengaturan khusus untuk Xforce karena mobil ini SUV yang perlu performa lebih baik di jalan menanjak. Contohnya ketika melewati jalan menanjak dengan gradient 7 persen," imbuhnya.

Saat sistem pada mobil membaca sedang melewati jalan menanjak pada ketinggian tersebut, bukaan gas dibuat lebih besar, sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam untuk melewati jalan tersebut.

Pun ketika melewati jalan menurun, sistem akan menyesuaikan bukaan gas yang sesuai untuk mengoptimasi efisiensi bahan bakar.

Sayangnya, ketika ditanya soal angka efisiensi BBM Mitsubishi Xforce, Arif enggan menyebutkan angkanya. Sebab menurutnya, kondisinya sangat dipengaruhi oleh gaya berkendara.

"Kalau angkanya kami enggak bisa sebutkan. Kurang lebih sama dengan Xpander CVT," tukasnya.

Adapun Mitsubishi Xforce didukung mesin bensin dengan kode 4A91 berkubikasi 1.499 cc, MIVEC, DOHC, dan 16 katup. Di atas kertas tenaganya 102 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di putaran 4.000 rpm, yang disalurkan ke transmisi CVT ke roda depan (FWD).

Sementara itu, kumparan pun telah menguji Xpander dengan transmisi CVT. Hasil konsumsi BBM yang didapat adalah 16,5 km/liter.

Media files:
01h9snyjd2mte518kd2z7vtd61.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts