Search This Blog

Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan dengan Kata Kerja

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan dengan Kata Kerja
Oct 7th 2023, 20:55, by Berita Terkini, Berita Terkini

 Ilustrasi Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan. Sumber: Foto Unsplash/Priscilla Du Preez
Ilustrasi Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan. Sumber: Foto Unsplash/Priscilla Du Preez

Cara menjelaskan bagaimana suatu tindakan dilakukan dengan kata kerja perlu diketahui para siswa. Dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, kata kerja merupakan salah satu jenis kata selain kata benda dan kata sifat.

Dengan mengetahui hal di atas, siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan siswa dalam berkomunikasi pun otomatis meningkat.

Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan dalam Bahasa Indonesia

  Ilustrasi Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan. Sumber: Foto Unsplash/charlesdeluvio
Ilustrasi Cara Menjelaskan Bagaimana Suatu Tindakan Dilakukan. Sumber: Foto Unsplash/charlesdeluvio

Sebelum membahas tentang cara menjelaskan bagaimana suatu tindakan dilakukan, pahami terlebih dahulu pengertian dari kata kerja. Kata kerja merupakan suatu kata yang berungsi untuk menjelaskan tentang suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang.

Selain itu berdasarkan buku Panduan Resmi Tes BUMN CAT/PBT, Raditya Panji Umbara, (2018:137), kata kerja merupakan kata yang berarti melakukan suatu pekerjaan. Jadi, subjek dalam kalimat tersebut dapat melakukan atau dikenal suatu pekerjaan.

Kata kerja dapat berawalan di-, me-, ber-, ter-. Kata kerja dibagi menjadi dua (2), yaitu: kata kerja aktif dana kata kerja kerja pasif.

Kata kerja aktif merupakan kata kerja yang subjeknya melakukan pekerjaan. Biasanya kata kerja aktif itu menggunakan imbuhan me- ber-. Contoh: Adit membantu ayah di sawah.

Sedangkan kata kerja pasif merupakan kata kerja yang dikenal suatu pekerjaan. Artinya, subjek pada kalimat tersebut dikenal untuk melakukan suatu pekerjaan. Kata kerja pasif biasanya menggunakan imbuhan di- atau ter- yang artinya dikenal. Contohnya adalah "Tina dipukul adiknya yang masih kecil."

Berikut contoh bagaimana suatu tindakan dilakukan.

  1. "Mahasiswa menyampaikan aspirasi di gedung rektorat. Kata kerja dalam kalimat tersebut adalah menyampaikan, yang berarti memberikan informasi kepada orag lain.

  2. Guru mengajar kelas biologi secara online. Kata kerja dalam kalimat tersebut adalah mengajar, memberikan petunjuk kepada orang lain.

  3. Adik membantu ayah membersihkan rumah. Kata kerja dalam kalimat tersebut adalah membantu, yang berarti memberikan pertolongan atau bantuan kepada orang lain.

Baca juga: 10 Contoh Ungkapan yang Menyatakan bahwa Kita Yakin Mengenai Suatu Hal

Demikianlah cara menjelaskan bagaimana suatu tindakan dilakukan dengan kata kerja. Dengan begitu seseorang akan lebih mudah dalam memahami tindakan yang sedang dilakukan. (Adm)

Media files:
01hc4mygvektnrx2aettc9k2bn.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar