Search This Blog

Pengertian Halalan Thayyiban dalam Ajaran Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Halalan Thayyiban dalam Ajaran Islam
Sep 9th 2023, 19:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan pengertian halalan thayyiban, sumber foto: unsplash.com/Anastasia Nelen
Ilustrasi jelaskan pengertian halalan thayyiban, sumber foto: unsplash.com/Anastasia Nelen

Dalam ajaran Islam ada berbagai aturan dan juga larangan yang harus dijauhi oleh manusia. Larangan tersebut tentunya demi kebaikan manusia itu sendiri. Misalnya adalah perintah untuk memakan makanan halal. Jelaskan pengertian halalan thayyiban!

Istilah halalan thayyiban tentunya menjadi istilah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, khususnya adalah umat Islam. Untuk memahami konsep halalan thayyiban tentunya harus merujuk pada penjelasan yang ada di dalam Al-Quran.

Pengertian Halalan Thayyiban

Ilustrasi jelaskan pengertian halalan thayyiban, sumber foto: unsplash.com/Bimbingan Islam
Ilustrasi jelaskan pengertian halalan thayyiban, sumber foto: unsplash.com/Bimbingan Islam

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam karya Samsul Arifin, (2018) dijelaskan bahwa pengertian dari halalan thayyiban adalah sesuatu yang dianjurkan oleh Allah SWT berdasarkan nash dan apabila dikerjakan tidak mengandung hukum atau akibat.

Sementara itu Imam Al-Ghazali memberikan penjelasan terkait istilah halalan thayyiban adalah sesuatu yang dari segi zat bendanya sendiri itu diperoleh dengan cara yang baik, tidak berbahaya, tidak memabukkan dan dikerjakan menurut ajaran Islam

Berdasarkan beberapa konsep tersebut dapat disimpulkan bahwa jawaban dari pertanyaan jelaskan pengertian halalan thayyiban adalah sebuah konsep dalam Islam yang mengajarkan untuk hidup dalam keadaan yang halal dan baik.

Tidak hanya dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi, tetapi juga dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Hal ini termasuk dalam sikap, perilaku, dan tindakan yang dilakukan.

Selain itu secara bahasa halalan thayyiban berasal dari gabungan dua kata dalam bahasa Arab yaitu halal dan thayyib. Halal memiliki makna sesuatu yang tidak dilarang dalam agama. Lawan kata halal adalah haram.

Sedangkan thayyib bermakna makanan enak yang dapat dirasakan oleh indra dan jiwa. Halalan thayyiban disebutkan dalam ayat Al Quran, yaitu Surat Al Baqarah ayat 168:

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS Al Baqarah ayat 168)

Ibnu Katsir berpendapat bahwa penjelasan mengenai halalan thayyiban dalam Surat Al Baqarah 168 adalah sesuatu yang baik, tidak membahayakan tubuh dan pikiran.

Baca juga: Mana Penulisan yang Benar: Halal Bi Halal atau Halal Bihalal?

Itulah penjelasan mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan pengertian halalan thayyiban dalam Islam yang harus dipahami umat muslim. Yang perlu diperhatikan bahwa konsep halalan thayyiban bukan hanya soal makanan saja, tetapi juga hal-hal lainnya. (WWN)

Media files:
01h9wcv78xgsp2k7c79jjwh1g0.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar