Search This Blog

Dorong Minat Warga Naik Angkutan Umum, Menhub Beri Contoh Kolaborasi Gojek-KCI

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dorong Minat Warga Naik Angkutan Umum, Menhub Beri Contoh Kolaborasi Gojek-KCI
Sep 9th 2023, 23:05, by Tim kumparan, kumparanNEWS

Peresmian pembelian tiket KRL melalui aplikasi Gojek di Stasiun Juanda, Gambir, Jakarta Pusat. Foto: Galang/kumparan
Peresmian pembelian tiket KRL melalui aplikasi Gojek di Stasiun Juanda, Gambir, Jakarta Pusat. Foto: Galang/kumparan

Pemerintah terus mendorong kolaborasi antara operator angkutan umum dan sektor swasta agar perjalanan antarmoda sehari-hari dapat lebih mudah dan hemat bagi masyarakat.

Hal tersebut merupakan upaya ntuk menarik minat masyarakat menggunakan angkutan umum.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan integrasi antarmoda perlu lebih terkoordinasi secara efisien.Ia mengapresiasi dan mendukung penuh pelaku swasta seperti Gojek dalam membantu transportasi first mile dan last mile yang dirasa masih bermasalah karena lack of service yang ada.

"Saya menyambut positif ide dari Gojek untuk melakukan ini, mengkolaborasikan banyak hal bahkan nanti yang lain lagi. Apalagi KAI sekarang sudah ada KRL, LRT dan punya kereta cepat," kata Budi Karya saat acara GoTransit Mobility Talk bertajuk "Public-Private Partnership melalui GoTransit untuk Mendukung Transportasi Umum", Jumat (8/9).

"Kolaborasi merupakan kunci dalam mencapai keberhasilan," imbuh Budi Karya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama KAI Commuter Indonesia Asdo Artriviyanto berharap GoTransit dapat menjadi kisah sukses sinergi BUMN dan swasta lainnya dalam menghadirkan pengalaman perjalanan multimoda yang lebih terintegrasi.

"Kerja sama dengan GoTransit untuk first mile dan last mile mendukung KCI yang ada di middle mile. Para pelanggan sangat nyaman karena bisa menggunakan aplikasi Gojek," ucapnya.

Sementara itu, Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, inovasi terbaru pihaknya melalui fitur GoTransit bertujuan untuk memberikan layanan mobilitas lengkap yang mudah, efisien dan terintegrasi.

Gojek hadirkan layanan GoRide Instan di 4 stasiun. Foto: Dok. Gojek
Gojek hadirkan layanan GoRide Instan di 4 stasiun. Foto: Dok. Gojek

Menurut dia, upaya ini guna mendukung mobilitas sehari-hari masyarakat dan aksesibilitas menuju hub transportasi publik maupun destinasi lainnya.

"GoTransit dirancang sebagai layanan penghubung awal dan akhir perjalanan (First Mile-Last Mile) yang melengkapi moda transportasi publik (Middle Mile) sebagai bagian dari komitmen jangka panjang Gojek untuk melayani lebih banyak lagi masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna layanan transportasi publik," terangnya.

Hadir pertama kali, GoTransit Mobility Talk yang digagas Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada (UGM) berfokus pada cara meningkatkan penumpang angkutan umum diikuti dengan pemaparan hasil riset mengenai integrasi layanan untuk keterpaduan antarmoda transportasi seperti KRL dan ojek online.

Forum tersebut juga mendorong beberapa rekomendasi seperti pentingnya operator angkutan umum untuk berbagi data secara terbuka hingga digitalisasi infrastruktur transportasi secara menyeluruh.

(LAN)

Media files:
01h54kshham95cwg2fwcxwccrg.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar