Search This Blog

5 Jenjang Karir dalam Informatika dan Lingkup Pekerjaannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Jenjang Karir dalam Informatika dan Lingkup Pekerjaannya
Sep 23rd 2023, 19:31, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi sebutkan 5 jenjang karir dalam informatika!. Sumber: pexels.com/Christina Morillo
Ilustrasi sebutkan 5 jenjang karir dalam informatika!. Sumber: pexels.com/Christina Morillo

Sebutkan 5 jenjang karir dalam informatika! Pekerjaan dalam bidang informatika saat ini sedang banyak diminati. Kualifikasi pendidikan untuk pekerjaan bidang informatika umumnya dari jurusan Manajemen Informatika, Ilmu Komputer, atau Teknik Informatika.

Masih banyak yang belum mengetahui apa saja pekerjaan dalam bidang informatika dan deskripsi pekerjaannya. Dalam bidang informatika ada jenjang karir yang perlu diketahui sebelum memutuskan terjun di dalamnya.

5 Jenjang Karir dalam Informatika

Ilustrasi sebutkan 5 jenjang karir dalam informatika. Sumber: pexels.com/Olia Danilevich
Ilustrasi sebutkan 5 jenjang karir dalam informatika. Sumber: pexels.com/Olia Danilevich

Pada era kemajuan teknologi informasi ini, pekerjaan yang paling banyak diminati adalah pekerjaan di bidang informatika. Bidang ini terbuka luas dan ada banyak pilihan karir bagi lulusan jurusan informatika.

Mengutip buku Pengantar Teknologi Informatika dan Komunikasi Data oleh Bagaskoro (2019: 34) berikut ini 5 jenjang karir dalam informatika dan lingkup pekerjaannya:

1. System Analyst

System analyst bertanggung jawab terhadap penelitian, perencanaa, pengoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan suatu organisasi. Ia juga bertanggung jawab terhadap pengembangan sistem untuk mengantisipasi perkembangan dan perubahan teknologi mutakhir.

Kemampuan dan keahlian yang perlu dimiliki seorang system analyst adalah kemampuan analisis, kemampuan teknis, kemampuan manajerial, dan kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain.

2. Programmer

Programmer bertugas membuat atau menciptakan perangkat lunak. Seorang programmer dituntut untuk menguasai berbagai bahasa pemrograman seperti bahasa C, Java, Pascal, dan lain sebagainya. Tugas programmer lainnya adalah membuat program perangkat lunak yang dibutuhkan sistem informasi yang dirancang.

3. Administrator

Tugas administrator dalam bidang informatika adalah mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem atau jaringan komputer. Dalam bidang internet, seorang administrator bertugas mengelola hal-hal yang berhubungan dengan pengelolaan komputer yang berkaitan dengan internet.

4. Operator

Operator adalah pengguna biasa yang hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada atau hanya menggunakan aplikasi yang sudah tersedia. Dalam bidang pekerjaan informatika, operator bertugas untuk mengurus dan menjalankan suatu sistem.

5. IT Manager

Mengutip buku Seri Referensi Praktis Manajemen IT oleh Feri Sulianta (2008: 19), IT Manager bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya informasi perusahaan, termasuk sumber daya manusia di sisi profesional dan pengguna (end-user).

IT Manager juga memiliki tugas untuk meningkatkan pengelolaan segala hal terkait bidang informatika di perusahaan seperti jaringan, sistem, dan komputer.

Baca juga: Perkembangan Informatika dan Manfaatnya

Itulah jawaban untuk sebutkan 5 jenjang karir dalam informatika. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan mengenai pekerjaan dan jenjang karir dalam bidang informatika, serta memperluas pengetahuan mengenai profesi bidang ini. (IND)

Media files:
01hb0gzdn1fp2w8s40ds8w0vpx.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar