Aug 26th 2023, 18:38, by Aditya Pratama Niagara, kumparanOTO
All new Mitsubishi Triton berlaga di AXCR 2023. Foto: dok. Mitsubishi
Rifat Sungkar kembali mewakili tim Mitsubishi Ralliart sebagai pebalap Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023. Yang menarik adalah tunggangannya, menggunakan generasi terbaru Mitsubishi Triton.
Pada musim ini, Rifat melakoni adu cepat melintasi berbagai macam medan dari Pattaya, Thailand ke Pakse, Laos dengan jarak tempuh 2.033 kilometer.
All new Mitsubishi Triton berlaga di AXCR 2023. Foto: dok. Mitsubishi
Dirinya menceritakan bagaimana performa all new Mitsubishi Triton, yang juga mengantarkannya sebagai pebalap tercepat di leg 5, kemudian merengkuh tim terbaik di AXCR 2023.
"Tahun ini lebih berat dari tahun lalu, karena tahun lalu kita menang. Hari pertama, kami start kelima dan sudah bisa menyusul lawan. Reli ini penuh kejutan," katanya belum lama ini.
"Jadi mobil yang pertama di trek, harus babat rumput karena membuka jalan. Masalahnya karena buka jalan, pohon dan daun tersangkut di mobil, sehingga performa tidak maksimal dari biasanya, kadar oksigen menipis karena AC mati dan akhirnya tidak menyelesaikan di hari pertama," lanjutnya.
All new Mitsubishi Triton berlaga di AXCR 2023. Foto: dok. Mitsubishi
Pada hari berikutnya, Rifat harus start dari posisi belakang. Sayangnya dewi fortuna kembali tidak memihak sang pebalap nasional ini. Tritonnya nyangkut selama 3 jam.
Dengan semangat pantang menyerah, pada hari kelima Rifat beserta navigator Chupong bisa mencatat waktu terbaik meski harus memulai balapan dari posisi 32.
"Sebetulnya all new Triton sangat hebat dan banyak peningkatan dibanding sebelumnya. Pada akhirnya kami ingin ketiga mobil bisa finish. Hal itu tidak bisa dilakukan oleh mobil-mobil lain," kata Rifat.
All new Mitsubishi Triton berlaga di AXCR 2023. Foto: dok. Mitsubishi
"Artinya mobil ini memiliki reliabilitas sangat tinggi. Pengalaman ini jadi hal yang baik. Terutama untuk pengembangan masa depan sebelum mobil ini sampai ke Indonesia," pungkasnya.
Menilik spesifikasinya, Mitsubishi Triton terbaru mengemas mesin 4N16 4-silinder MIVEC turbo diesel, yang disematkan fuel injector high pressurecommon-rail injection.
All new Mitsubishi Triton berlaga di AXCR 2023. Foto: dok. Mitsubishi
Kubikasinya 2.442 cc. Dengan turbocharger besutan Mitsubishi Heavy Industries Engine & Turbocharger, menjanjikan tenaga 201 dk dan torsi 470 Nm.
Selama balapan berlangsung, tim Mitsubishi Ralliart mengandalkan Triton menggunakan transmisi manual 6-percepatan, dengan sistem 4WD, Super Select 4WD-II, dan differential di bagian depan dan belakang.
"Hasil tahun ini benar-benar mendorong kami untuk mencapai hasil tertinggi ke depannya, dan tidak putus asa lagi untuk mencoba dengan memperkuat kendaraan dan tim," timpal Team Director Mitsubishi Ralliart Hiroshi Masuoka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar