Search This Blog

Syarat Kambing Aqiqah Lengkap sesuai Syariat Islam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Syarat Kambing Aqiqah Lengkap sesuai Syariat Islam
Jul 15th 2023, 20:20, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Syarat Kambing Aqiqah. Sumber: dok. Unsplash/Nandhu Kumar
Ilustrasi Syarat Kambing Aqiqah. Sumber: dok. Unsplash/Nandhu Kumar

Syarat kambing aqiqah merupakan hal penting yang perlu diperhatikan bagi orang tua yang hendak melakukan aqiqah bagi buah hatinya. Salah satu syarat kambing aqiqah sesuai dengan syariat Islam adalah usia kambing cukup yaitu berumur satu tahun.

Selain dari segi usia, kambing yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai kambing aqiqah harus memiliki kondisi fisik yang baik. Ada juga jumlah kambing yang berbeda untuk anak perempuan dan anak laki-laki.

Syarat Kambing Aqiqah beserta Dalilnya

Ilustrasi Syarat Kambing Aqiqah. Sumber: dok. Unsplash/Marwan Ahmed
Ilustrasi Syarat Kambing Aqiqah. Sumber: dok. Unsplash/Marwan Ahmed

Aqiqah merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan setelah kelahiran seorang anak. Dikutip dari buku berjudul Fiqh Ibadah, Zaenal Abidin (2020: 121), bahwa aqiqah dalam segi bahasa berasal dari kata iqqah yang berarti bulu atau rambut anak yang baru lahir.

Agar aqiqah yang ditunaikan bernilai sah, umat muslim yang akan menunaikan aqiqah perlu memerhatikan apa saja syarat kambing aqiqah. Salah satu syarat yang diberlakukan untuk kambing aqiqah adalah ketentuan jumlah hewan yang disembelih. Hal ini selaras dengan yang dibahas dalam hadis berikut:

عَنْ أُمِّ كُرْزٍ الْكَعْبِيَّةِ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ». قَالَ أَبُو دَاوُدَ سَمِعْتُ أَحْمَدَ قَالَ مُكَافِئَتَانِ أَىْ مُسْتَوِيَتَانِ أَوْ مُقَارِبَتَانِ.
Artinya: Dari Ummu Kurz Al Ka'biyyah, ia berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu wa 'alaihi wa sallam bersabda, "Untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu kambing." Abu Daud berkata, saya mendengar Ahmad berkata, "Mukafiatani yaitu yang sama atau saling berdekatan." (HR. Abu Daud no. 2834 dan Ibnu Majah no. 3162.)

Lebih lengkap, berikut ini adalah syarat kambing aqiqah sesuai syariat Islam yang perlu diperhatikan umat muslim:

  • Kambing sudah cukup umur atau sudah berumur satu tahun.

  • Kambing yang akan disembelih tidak cacat yang berarti tidak buta, tidak terlalu kurus, tidak pincang

  • Jumlah kambing yang akan disembelih tergantung pada jenis kelamin anak. Untuk anak laki-laki jumlah kambingnya dua, sedangkan anak perempuan satu ekor kambing.

Baca juga: Ketentuan Pembagian Daging Aqiqah Sesuai Ajaran Islam

Dengan mengetahui apa saja syarat kambing aqiqah, orang tua dapat mempersiapkan kambing yang sesuai dengan syariat Islam yang berlaku. (DAP)

Media files:
01h5chyrmecpbt8x6ssxywjrs8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts