Search This Blog

Ragam Sinonim Rabat dalam Bahasa Indonesia beserta Pengertiannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ragam Sinonim Rabat dalam Bahasa Indonesia beserta Pengertiannya
Jul 8th 2023, 21:07, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sinonim Rabat. Foto: dok. Markus Spiske (Unsplash)
Ilustrasi Sinonim Rabat. Foto: dok. Markus Spiske (Unsplash)

Mempelajari sinonim rabat dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu seseorang dalam memperkaya kosakata. Kata rabat memiliki beberapa kata dengan makna serupa.

Untuk mengetahui apa kata yang bersinonim dengan kata rabat, perlu diketahui terlebih dahulu apa arti dari kata rabat. Dengan memahami artinya terlebih dulu maka akan lebih mudah mencari persamaan katanya.

Sinonim Rabat dalam Bahasa Indonesia beserta Pengertiannya Lengkap

Ilustrasi Sinonim Rabat. Foto: dok. Ashkan Forouzani (Unsplash)
Ilustrasi Sinonim Rabat. Foto: dok. Ashkan Forouzani (Unsplash)

Penggunaan sinonim dalam bahan bacaan merupakan cara yang umum diterapkan penulis agar tulisannya terlihat menarik dan tidak menjemukan. Tak hanya itu, penggunaan sinonim juga diterapkan untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi bacaan.

Dalam buku berjudul Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi yang ditulis oleh Nani Yulianti, S.Kom., M.Pd. (2022: 54) tertulis bahwa sinonim adalah dua kata atau lebih yang asasnya memiliki makna yang sama tetapi bentuknya berlainan, kesinoniman tidaklah mutlak, hanya ada kesamaan atau kemiripan.

Masih dalam buku yang sama, dipaparkan pula bahwa sinonim digunakan untuk mengalih-alihkan pemakaian kata pada tempat tertentu sehingga kalimat tersebut tidak membosankan.

Mengutip buku berjudul Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X oleh Ahmad Iskak, S,Pd., M.Pd. dan Dra. Yustinah, M.Pd. (2006: 100), sinonim berasal dari sin yang berarti sama atau serupa, dan akar kata onim yang berarti yang bermakna.

Berdasarkan istilah bahasa, sinonim adalah kata-kata yang mengandung makna pusat yang sama tetapi berbeda dalam nilai rasa. Dengan kata lain, sinonim adalah kata-kata yang memiliki denotasi yang sama tetapi berbeda dalam konotasi.

Dalam bahasa Indonesia terdapat berbagai macam kata yang memiliki persamaan kata atau sinonim. Salah satunya adalah kata rabat. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, rabat berarti potongan harga.

Umumnya rabat diberikan saat pembeli membeli produk dalam jumlah besar. Tak hanya itu, rabat juga diberikan sebagai bentuk pemasaran publik agar menarik minat pembeli. Menurut pengertian rabat tersebut, dapat disimpulkan bahwa sinonim rabat antara lain diskon, diskonto, potongan, bagian, irisan patahan, penggalan.

Baca juga: Definisi, Antonim, dan Sinonim Unik dalam Bahasa Indonesia

Dengan mengenali apa saja sinonim rabat beserta pengertiannya dalam bahasa Indonesia, kosakata bahasa yang dimiliki akan terus bertambah. (DAP)

Media files:
01h4tgj0vx2qh28ajsstfbfnw2.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar