Search This Blog

Meriahkan HAN, Anak-anak Disabilitas di Surabaya Siapkan Konser Musik Istimewa

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Meriahkan HAN, Anak-anak Disabilitas di Surabaya Siapkan Konser Musik Istimewa
Jul 9th 2023, 09:56, by Masruroh, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Latihan sebagai persiapan konser 'Setara Berkarya'. Foto-foto: Masruroh/Basra
Latihan sebagai persiapan konser 'Setara Berkarya'. Foto-foto: Masruroh/Basra

Menyambut Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2023, Komunitas Disabilitas Berkarya punya gawe besar. Komunitas yang menaungi anak-anak disabilitas di Surabaya ini akan menggelar konser istimewa. Istimewa karena konser yang akan digelar pada puncak peringatan Hari Anak Nasional ini akan menampilkan kepiawaian anak-anak disabilitas bermain piano.

"Kami menggandeng Aksi Cinta Indonesia (ACI) dan Surabaya Suites Hotel akan menggelar konser Setara Berkarya pada puncak peringatan Hari Anak Nasional," ujar Eko Doto Nugroho, perwakilan Disabilitas Berkarya, kepada Basra disela latihan vokal dan piano kolaborasi anak – anak tuna netra, autis, down syndrome dengan anak – anak reguler dari ACI, Sabtu (8/7) sore.

"Melalui konser ini kami ingin mengajak masyarakat untuk mendukung dan memberi kesempatan yang setara bagi anak - anak difabel untuk berkarya. Konser Setara Berkarya akan berlangsung pada hari Minggu tanggal 23 Juli di Surabaya Suites Hotel," sambungnya.

Sementara itu dalam latihan bersama sebagai persiapan konser 'Setara Berkarya', yang digelar di Wisma Jerman itu menampilkan latihan vokal kolaborasi anak - anak ACI dengan anak - anak penyandang autis dan down syndrome dari Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI).

Meriahkan HAN, Anak-anak Disabilitas di Surabaya Siapkan Konser Musik Istimewa

Mereka berkolaborasi menyanyikan 3 lagu, yakni Gembira Berkumpul, Soleram, dan Setinggi Langit.

"Latihan bersama ini memberi pengalaman baru bagi anak - anak ACI untuk belajar mengerti dan menerima kawan - kawan autis dan down syndrome. Mereka bisa membaur dengan baik, bahkan bermain bersama saat istirahat latihan," papar Yessy Dian, perwakilan ACI.

Menurut Yessy, tidak ada proses khusus pada latihan gabungan ini. Latihan berjalan seperti biasanya, materi latihan juga disampaikan seperti latihan - latihan regular ACI biasanya.

Selain kolaborasi vokal, 5 pianis muda dari Yayasan Pendidikan Anak - Anak Buta (YPAB) Surabaya juga akan ikut berpartisipasi dalam konser 'Setara Berkarya'. Kelima pianis ini mendapat bimbingan dari Kevina Tenggara (19 tahun), pianis muda asal Surabaya. Kevina yang akrab disapa Kevi melatih kelima pianis disabilitas tersebut dalam kelas privat piano klasik.

Para pianis disabilitas ini mempelajari lagu - lagu klasik karya komponis Indonesia. Materi pelajaran disampaikan Kevi dengan cara memberi contoh permainan untuk diikuti oleh para pianis disabilitas.

Selain konser istimewa, Komunitas Disabilitas Berkarya menggandeng Surabaya Suites Hotel juga akan menggelar pameran hasil pelatihan foto anak – anak non disabilitas yang diajari oleh 5 anak penyandang bisu tuli yang dibina oleh Komunitas Disabilitas Berkarya.

Pelatihan fotografi tersebut telah digelar pada hari Sabtu pekan kemarin. Dalam pelatihan ini 5 anak disabilitas binaan Komunitas Disabilitas Berkarya mengajari anak-anak non disabilitas teknik memotret yang baik dengan menggunakan kamera ponsel.

Media files:
01h4v5svbzmzwjhbvf2t5zrrj8.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar