Search This Blog

Ide Permainan untuk Tingkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ide Permainan untuk Tingkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak
Jul 9th 2023, 19:07, by Nur Khafifah, kumparanMOM

Ilustrasi balita menggunting kertas.  Foto: Thinkstock
Ilustrasi balita menggunting kertas. Foto: Thinkstock

Saat mulai masuk PAUD dan TK, anak-anak terkadang kesulitan menyelesaikan tugas-tugas yang berkaitan dengan motorik halus. Keterampilan ini penting dikuasai karena berkaitan dengan kemampuan dasar tulis menulis.

Ya Moms, biasanya anak tidak memiliki masalah dengan keterampilan motorik kasar, seperti berlari atau melompat. Sedangkan motorik halus membutuhkan kontrol yang lebih besar dan gerakan otot lebih kecil yang lebih spesifik.

Nah, agar anak lebih terampil meningkatkan motorik halusnya, berikut beberapa permainan yang bisa dilakukan.

Cara Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak

Anda dapat membeli mainan yang menggunakan keterampilan motorik halus saat anak Anda bermain. Misalnya lego, puzzle, magnetic, dan lain-lain.

Selain itu, berikut beberapa permainan yang bisa dilakukan untuk melatih motorik halus anak.

Permainan Sembunyikan Benda

Ilustrasi anak bermain playdough. Foto: Ilina Yuliia/Shutterstock
Ilustrasi anak bermain playdough. Foto: Ilina Yuliia/Shutterstock

Sembunyikan benda-benda kecil seperti koin atau manik-manik di dalam gumpalan playdough atau slime. Mintalah anak Anda menarik potongan-potongan playdough menggunakan jari telunjuk dan ibu jarinya sampai benda-benda itu terlihat. Anda juga bisa memberi anak Anda bulatan-bulatan playdough dan menyuruhnya berlatih mencubit.

Main Pasta

Rangkai manik-manik besar pada tali sepatu atau seutas benang dengan ujungnya dibungkus selotip. Jika Anda tidak ingin membeli manik-manik, gunakan mie untuk pasta atau spageti. Tetesi mie tersebut dengan beragam pewarna makanan yang berbeda. Letakkan mie di atas lapisan tisu agar kering semalaman.

Memindahkan Benda-benda

Pindahkan barang-barang kecil seperti koin atau manik-manik dari satu mangkuk ke mangkuk lainnya menggunakan jepitan. Bisa juga gunakan beras yang telah diberi pewarna makanan.

Bermain dengan Krim Cukur

Semprotkan sesendok krim cukur di meja dapur atau meja main anak. Mintalah anak mengoleskannya menjadi lapisan tipis. Ajari ia menggunakan jari telunjuknya untuk berlatih menulis huruf, bentuk, namanya, dan menggambar orang.

Setelah selesai, beri dia spons kecil yang bersih dan lembap untuk menyeka krim cukur dengan gerakan menyamping, mendorongnya untuk menggunakan lengan dan pergelangan tangannya dan tidak menggerakkan bahunya.

Bonus dari aktivitas ini adalah sabun cukur akan membuat meja Anda sangat bersih, bahkan menghilangkan noda makanan yang membandel! Wah, lumayan jadi bikin meja kinclong nih, Moms.

Remuk Koran

Sobek kertas atau koran menjadi potongan-potongan, letakkan kedua tangan di atas halaman dan tarik ke arah yang berlawanan. Mintalah anak Anda meletakkan satu strip pada satu waktu di telapak tangannya dan mencoba meremasnya menjadi bola hanya dengan menggunakan jari-jari tangan itu. Untuk meningkatkan kekuatan di kedua tangan, ingatlah untuk memintanya berpindah tangan.

Belajar Menggunting

Ilustrasi Kegiatan Balita di PAUD Foto: Thinkstock
Ilustrasi Kegiatan Balita di PAUD Foto: Thinkstock

Gunakan gunting untuk memotong koran menjadi potongan-potongan atau membuat kepingan salju kertas. Tujuannya adalah memberi anak kesempatan untuk mengembangkan pegangan gunting yang tepat, jadi tidak masalah apakah kreasinya cantik atau bahkan tidak dapat kenali.

Hubungkan Titik-titik

Ajari anak menghubungkan titik-titik menggunakan pensil atau spidol. Jika ia masih kesulitan memegangnya, berikan krayon tebal atau spidol besar agar lebih mudah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Anda tertarik yang mana, Moms?

Media files:
c44vub8mjztyhmgdfo6b.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar