Search This Blog

Ganjar soal PPDB Jalur Zonasi: Saya Digebuk Tiap Hari, tapi Saya Bertahan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Ganjar soal PPDB Jalur Zonasi: Saya Digebuk Tiap Hari, tapi Saya Bertahan
Jul 29th 2023, 19:21, by Ochi Amanaturrosyidah, kumparanNEWS

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Intan Alliva Khansa/kumparan

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, buka suara soal polemik Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi. Ganjar mengakui, saat gagasan mendekatkan sekolah dengan siswanya itu dikeluarkan, ia sempat mendengarkan protes yang luar biasa dari masyarakat.

"Ketika kebijakan Mas Menteri (Mendikbudristek Nadiem Makarim) kita buat agar sekolah lebih dekat dengan warganya, protes dari warga luar biasa, dan saya bertahan dengan PPDB dengan model zonasi. Digebuk saya tiap hari, saya bertahan," kata Ganjar di Posbloc, Jakarta Pusat, Sabtu (29/7).

"Tapi apa yang saya temukan? Betul. Di tempat saya lahir, di Tawangmangu, itu tidak ada SMA/SMK Negeri sama sekali. Maka akses pendidikan di sana jadi unfair," lanjutnya.

Padahal, kata Ganjar, wilayah tersebut telah berhasil melahirkan seorang gubernur, yaitu dirinya. Karena itu, Ganjar menyebut, yang pertama kali ia lakukan adalah membangun kesadaran dari pemerintah untuk membuat sekolah di wilayah-wilayah tersebut.

Selain masalah PPDB, Ganjar juga menyinggung soal biaya pendidikan yang menurutnya adalah investasi jangka panjang untuk menekan angka kemiskinan. Ia mengambil contoh, sudah ada tiga SMK di Jawa Tengah yang dijadikan boarding school dan biayai dengan APBD.

"Yang saya rasakan kemudian adalah ini bagian investasi besar selama tiga tahun. Yang tahun keempat, kelima, kita sudah dapat hasil. Dia mengubah nasib," ucap Ganjar.

Ia memberikan contoh, ada salah satu anak yang awalnya tak punya harapan karena berasal dari keluarga kurang mampu, namun akhirnya bisa menempuh pendidikan hingga lulus dan berhasil bekerja di Jepang. Setelah empat tahun di Jepang, ia sudah bisa sukses bahkan mampu membiayai orang tua dan keluarganya.

Media files:
01h63dq7vwmhq1vk1z4w5ccqg3.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar