Search This Blog

3 Dampak Negatif dari Masuknya Wisatawan Asing ke Indonesia yang Perlu Diketahui

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Dampak Negatif dari Masuknya Wisatawan Asing ke Indonesia yang Perlu Diketahui
Jul 22nd 2023, 19:50, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi dampak negatif dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia, sumber foto: pexels/Oleksandr Canary Islands
Ilustrasi dampak negatif dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia, sumber foto: pexels/Oleksandr Canary Islands

Indonesia dengan kekayaan tradisi, budaya, dan keindahan alamnya, menjadi salah satu destinasi wisata populer di dunia. Setiap tahun ada jutaan wisatawan datang ke Indonesia. Tentunya ada dampak positif dan dampak negatif dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia.

Dampak negatif ini tak bisa dielakkan, tetapi bisa diminimalisasi. Sebelum melakukan langkah preventif, sebaiknya harus dipahami lebih dulu dampak negatif apa yang bisa ditimbulkan dari banyaknya wisatawan asing.

3 Dampak Negatif dari Masuknya Wisatawan Asing ke Indonesia

Ilustrasi dampak negatif dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia, sumber foto: Pexels/Alex Fu
Ilustrasi dampak negatif dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia, sumber foto: Pexels/Alex Fu

Dikutip dari buku Pemasaran Pariwisata Pendekatan Perilaku Wisatawan karya Aniesa Samira Bafadhal, (2020), pariwisata merupakan sektor yang memberikan dampak ekonomi besar bagi Indonesia.

Hal tersebut didukung dengan kondisi geografis dan budaya Indonesia yang sangat kaya dan beragam. Meski memberikan dampak yang besar secara ekonomi bagi negara, ternyata ada juga dampak negatifnya.

Salah satu dampak negatif masuknya wisatawan asing ke Indonesia adalah perubahan nilai dan budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, ada beberapa dampak lain yang ditimbulkan. Berikut ini penjelasannya.

1. Perubahan Budaya Lokal

Saat banyak wisatawan asing datang ke suatu tempat, mereka membawa pengaruh budaya dan gaya hidup asing yang berpotensi menggantikan atau mencampuradukkan budaya lokal. Hal ini bisa mengakibatkan penurunan identitas budaya tradisional hingga menghilangkan nilai-nilai budaya asli yang unik.

2. Perubahan Sosial Ekonomi

Peningkatan jumlah wisatawan asing dapat menyebabkan perubahan sosial dan gaya hidup bagi penduduk lokal. Terutama di destinasi wisata yang sangat populer. Pergeseran fokus ekonomi dari sektor pertanian atau industri ke sektor pariwisata bisa mengakibatkan ketidakstabilan ekonomi ketika kunjungan wisatawan menurun.

3. Kerusakan Lingkungan

Lonjakan kunjungan wisatawan asing dapat menyebabkan peningkatan tekanan terhadap lingkungan alam Indonesia. Hal tersebut bisa terlihat pada beberapa destinasi wisata populer di Indonesia.

Sebagai contoh, pulau-pulau kecil, taman nasional, dan situs alam lainnya sering kali mengalami kerusakan lingkungan akibat pembangunan infrastruktur pariwisata yang tidak terkendali. Hal ini diperparah dengan peningkatan sampah plastik dan kerusakan ekosistem alami.

Baca juga: Bahari: Pengertian, Manfaat, dan Potensinya dalam Industri Pariwisata

Dampak negatif dari masuknya wisatawan asing ke Indonesia harus dikelola dengan baik agar kedatangan wisatawan asing tidak terlalu merugikan Indonesia. (WWN)

Media files:
01h5y37zb0cm94ywajnw8qqdfn.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar