Search This Blog

Saat Beberapa Tokoh Muhammadiyah dan NU Bertemu di Makkah, Ada Habib Ja'far

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Saat Beberapa Tokoh Muhammadiyah dan NU Bertemu di Makkah, Ada Habib Ja'far
Jun 25th 2023, 18:06, by Muhammad Iqbal, kumparanNEWS

Tokoh Teras PP Muhammadiyah dan PBNU Bertemu di Makkah. Foto: Dok. PP Muhammadiyah
Tokoh Teras PP Muhammadiyah dan PBNU Bertemu di Makkah. Foto: Dok. PP Muhammadiyah

Dua organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, kerap berbeda pandangan dalam masalah-masalah keislaman, terutama terkait ibadah. Namun, hubungan kedua organisasi ini juga terjalin sangat baik.

Di antara potret itu tergambar saat beberapa tokoh teras NU dan Muhammadiyah bertemu di Makkah. Para tokoh dari dua organisasi Islam itu bertemu di sela tugas berbeda melayani jemaah haji, Jumat (23/6).

Para tokoh tersebut antara lain Bendahara Umum PP Muhammadiyah yang juga Dirjen Haji dan Umrah Hilman Latief, Ketua PP Muhammadiyah yang juga Wakil Amirul Hajj, Saad Ibrahim.

Lalu ada Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, Wakil Rais Aam PBNU KH Anwar Iskandar, pengurus PBNU yang juga anggota Amirul Hajj Juri Ardiantoro. Lalu pendakwah milenial Habib Husein Bin Ja'far Al Hadar yang bertugas tim monitoring dan evaluasi pelaksanaan haji, Dubes RI untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief. Foto: Dok. MCH 2023
Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief. Foto: Dok. MCH 2023

Menurut Saad Ibrahim, pertemuan tersebut terangkai dalam jamuan makan siang di Kantor Sektor 3 Daerah Kerja Makkah. "Sambil makan kami ngobrol bersama," ujarnya dikutip dari website Muhammadiyah, Minggu (25/6).

Pertemuan para tokoh dari dua organisasi besar penyangga Indonesia tersebut mengingatkan pada persahabatan antara KH Hasyim Asyari Pendiri NU dan KH Ahmad Dahlan Pendiri Muhammadiyah.

Tidak hanya bersahabat sejak belia, keduanya dua kali pernah belajar dari satu guru yang sama. Selain itu, keduanya juga sering saling memuji.

Keduanya juga pernah dipertemukan saat berguru ke Haji Rosul alias H Abdul Karim Amrullah (pendiri Sumatra Thawalib, sekolah Islam modern pertama di Indonesia) dan Syekh Muhammad Djamil Djambek.

Ikatan persaudaraan keduanya tidak hanya terjadi saat belajar di Indonesia saja. Saat menimba ilmu di Makkah, Arab Saudi pada 1903, keduanya sama-sama belajar dari guru yang sama, yakni Syekh Ahmad Khatib, Imam Besar Masjidil Haram.

Seluruh jemaah dan petugas haji akan diberangkatkan ke Arafah besok untuk mengikuti puncak haji yaitu wukuf di Arafah yang jatuh pada Selasa (27/6)

Media files:
01h3rsqk7zrdcggp13ym90c908.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar