Search This Blog

Kumpulan Ayat tentang Kurban dalam Al-Quran

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kumpulan Ayat tentang Kurban dalam Al-Quran
Jun 25th 2023, 17:18, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Ayat tentang Kurban | Sumber: Unsplash/Taliwang Mengaji
Ilustrasi Ayat tentang Kurban | Sumber: Unsplash/Taliwang Mengaji

Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Islam. Ada ibadah yang hanya bisa dilakukan saat Idul Adha, yaitu berkurban. Kurban tidak termasuk ibadah wajib, namun sangat dianjurkan. Umat Muslim harus mengetahui ayat tentang kurban dalam Al-Quran.

Jika mengetahui ayat-ayatnya, maka hikmah dan manfaat kurban bisa dipahami oleh semua orang. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang berkurban.

Ayat tentang Kurban dalam Al-Quran

Ilustrasi Ayat tentang Kurban | Sumber: Unsplash/Qamma Farm
Ilustrasi Ayat tentang Kurban | Sumber: Unsplash/Qamma Farm

Ahyar dan Najibullah dalam Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas IX (2021) menjelaskan bahwa kurban berasal dari kata qaruba yang menurut bahasa artinya adalah dekat atau mendekatkan diri.

Adapun berdasarkan istilah, kurban merupakan penyembelihan hewan ternak di hari Idul Adha, yaitu tanggal 10 Zulhijah dan hari-hari tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah dengan niat untuk mendekatkan diri ke Allah SWT.

Agar semakin banyak orang yang ikut berkurban, berikut adalah ayat tentang kurban dalam Al-Quran yang perlu diketahui:

1. Surat Al-Hajj Ayat 36

وَالْبُدْنَ جَعَلْنٰهَا لَكُمْ مِّنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِ لَكُمْ فِيْهَا خَيْرٌۖ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهَا صَوَاۤفَّۚ فَاِذَا وَجَبَتْ جُنُوْبُهَا فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْقَانِعَ وَالْمُعْتَرَّۗ كَذٰلِكَسَخَّرْنٰهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Artinya, "Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, berserahdirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat (kepada Allah)."

2. Surat Al-Hajj Ayat 37

لَنْ يَّنَالَ اللّٰهَ لُحُوْمُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلٰكِنْ يَّنَالُهُ التَّقْوٰى مِنْكُمْۗ كَذٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِيْنَ

Artinya, "Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaanmu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang muhsin."

3. Surat Al-Kautsar Ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ

Artinya: "Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah."

4. Surat As-Saffat Ayat 102

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ - ١٠٢

Artinya: "Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar."

Baca juga: Ketentuan Kurban yang Benar Berdasarkan Ajaran Agama Islam

Kumpulan ayat tentang kurban dalam Al-Quran bisa dibaca dan dipahami agar semakin semangat untuk ikut melaksanakan ibadah kurban. (KRIS)

Media files:
01h3rd7pc6wfmfwv23te4kvp5r.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar