Search This Blog

Pelembap untuk Kulit Sensitif, Hindari Kandungan Ini

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pelembap untuk Kulit Sensitif, Hindari Kandungan Ini
Jun 3rd 2023, 09:15, by Regina Kunthi Rosary, kumparanWOMAN

Ilustrasi perempuan pelembap untuk area bawah mata. Foto: Look Studio/Shutterstock
Ilustrasi perempuan pelembap untuk area bawah mata. Foto: Look Studio/Shutterstock

Ladies, moisturizer atau pelembap penting untuk diikutsertakan dalam rutinitas perawatan wajah, termasuk jika tipe kulit wajahmu sensitif. Nah, ketika memilih pelembap untuk kulit sensitif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Salah satunya, kamu perlu memilih pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti aloe vera atau lidah buaya, ceramide, dan shea butter. Kandungan-kandungan ini akan memberi manfaat yang tepat untuk kulit sensitif.

Di samping itu, ada produk dengan bahan-bahan tertentu yang harus kamu hindari ketika memilih pelembap untuk kulit sensitif. Apa saja kandungan tersebut? Simak selengkapnya berikut ini, yuk!

1. Alkohol

Kandungan pertama yang perlu kamu hindari saat memilih pelembap untuk kulit sensitif adalah alkohol. Dilansir Byrdie, alkohol bisa membuat pelembab cepat kering saat diaplikasikan.

Namun, bahan tersebut sekaligus dapat mengurangi tingkat kelembapan kulit, juga menyebabkan iritasi hingga gatal.

2. Parfum atau pewangi sintetis

Moisturizer. Foto: Shutterstock
Moisturizer. Foto: Shutterstock

Kandungan parfum atau pewangi sintetis dalam pelembap juga penting untuk dihindari oleh kamu yang memiliki kulit sensitif. Dikutip dari Byrdie, bahan ini bisa bereaksi dengan kulit dan menyebabkan peradangan, juga melemahkan lapisan dalam kulit.

Jadi, lebih baik pilihlah pelembap untuk kulit sensitif yang bebas kandungan parfum, ya, Ladies.

3. Polyacrylamide

Polyacrylamide digunakan sebagai stabilizer dan pengikat dalam pelembab. Meskipun tak secara langsung menimbulkan masalah, dikutip dari situs Safe Cosmetics, polyacrylamide terdiri atas molekul-molekul berulang dari acrylamide, yang dicurigai kuat sebagai zat karsinogen dan telah dikaitkan dengan tumor payudara.

4. Essential Oil

Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock

Bahan selanjutnya yang perlu dihindari saat memilih pelembab untuk kulit sensitif adalah essential oil. Ahli perawatan kulit dari San Francisco, Kristina Holey, mengatakan kepada The New York Times, "Beberapa konstituen minyak esensial tertentu, seperti pada minyak bergamot, berubah menjadi zat kimia dan enzim ketika terpapar sinar matahari, yang dapat menyebabkan respons photo-allergic."

Lebih lanjut, menurutnya, minyak lavender, mint, citrus, dan tea tree, harus digunakan dengan hati-hati atau dihindari sepenuhnya. Tea tree oil aman digunakan pada kulit dalam dosis yang diencerkan, tetapi beberapa produk untuk jerawat mengandung banyak tea tree oil yang dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Minyak lavender, mint, dan citrus bisa menyebabkan iritasi serta reaksi negatif pada kulit.

5. Vitamin E

Vitamin E memang punya banyak manfaat bagi kulit. Hanya saja, dilansir Allure, kandungan ini tak cocok untuk semua orang.

Menurut dokter kulit bersertifikat di California, Ava Shamban, vitamin E biasanya tidak disarankan untuk kulit yang sangat sensitif, berminyak, atau rentan terhadap jerawat. Vitamin E topikal dapat bertindak sebagai alergen, juga menyebabkan iritasi, gatal, atau bahkan ruam ketika bersentuhan dengan kulit.

Itu dia kandungan dalam produk yang harus dihindari kala kamu memilih pelembap untuk kulit sensitif, Ladies. Selamat menemukan produk yang tepat, ya.

Apa saja bahan yang harus dihindari saat memilih pelembap untuk kulit sensitif?

Alkohol, parfum atau pewangi sintetis, polyacrylamide, essential oil, dan vitamin E.

Mengapa perlu hindari kandungan alkohol saat cari pelembap untuk kulit sensitif?

Alkohol bisa mengurangi tingkat kelembapan kulit, juga menyebabkan iritasi hingga gatal.

Media files:
01h163bssh1f0539gxcqcf98mt.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar