Search This Blog

Manfaat Ajak Anak Playdate seperti yang Dilakukan Aurel Hermansyah

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Manfaat Ajak Anak Playdate seperti yang Dilakukan Aurel Hermansyah
Jun 25th 2023, 08:59, by Hutri dirga harmonis, kumparanMOM

Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah saat liburan ke Italia. Foto: Instagram/@attahalilintar
Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah saat liburan ke Italia. Foto: Instagram/@attahalilintar

Playdate merupakan salah satu aktivitas yang bisa mendukung tumbuh kembang anak. Kegiatan ini dilakukan dengan mempertemukan si kecil dengan anak lain seusianya dan membiarkan mereka menghabiskan waktu bersama.

Aurel Hermansyah baru-baru ini juga mengajak putrinya, Ameena, untuk playdate bersama putra bungsu Raffi Ahmad, Rayyanza. Lewat salah satu unggahan di laman Instagram pribadinya, Aurel membagikan momen interaksi di antara keduanya.

"Ameena playdate sama Apung," kata Aurel dalam keterangannya.

Dalam video itu, tampak momen keakraban Ameena dan Rayyanzayang sangat menggemaskan. Mulai dari saling menyuapi makanan hingga berpelukan dengan malu-malu.

Tak hanya menyenangkan, kegiatan playdate juga menawarkan banyak manfaat untuk si kecil dan orang tua lho, Moms!

Manfaat Playdate untuk Anak dan Orang Tua

Ilustrasi ibu dan anak bermain bersama. Foto: maroke/Shutterstock
Ilustrasi ibu dan anak bermain bersama. Foto: maroke/Shutterstock

American Academy of Pediatrics mengatakan, kegiatan playdate membangun banyak keterampilan, termasuk bahasa, fungsi eksekutif, keterampilan sosial-emosional, pemecahan masalah, kolaborasi, dan kreativitas yang terbangun secara alami saat anak-anak saling berinteraksi, seperti dikutip dari Web MD.

Hal yang sama juga disampaikan oleh psikolog anak, Emily W. King, Ph.D., bahwa anak membutuhkan adanya hubungan yang baik dengan anak lain seusianya yang bisa didapatkan melalui playdate. Melalui kegiatan ini, mereka akan melewati tahap perkembangan yang menyenangkan bersama.

"Balita dan anak prasekolah membutuhkan paparan sosial sebanyak mungkin untuk mendukung perkembangannya. Dan orang tua sebaiknya mendorong anak usia 1-3 tahun untuk berinteraksi dengan teman sebayanya," kata Emily, seperti dikutip dari Good Housekeeping.

anak balita bermain bersama Foto: Shutterstock
anak balita bermain bersama Foto: Shutterstock

Bukan hanya anak, orang tua juga bisa mendapatkan manfaat dari kegiatan playdate ini. Berkumpul dengan sesama orang tua di area playdate akan membuat ibu dan ayah saling berinteraksi dan berbagi informasi soal ilmu parenting terkini, masalah kesehatan anak, sekaligus tips-tips yang mungkin dibutuhkan selama pengasuhan.

Apalagi, playdate juga tidak harus dilakukan di tempat khusus. Ya Moms, Anda bisa mengadakan playdate di rumah sendiri dengan mengundang teman atau saudara yang memiliki anak seusia dengan buah hati Anda. Agar lebih seru, buatlah aturan untuk bergantian menjadi tuan rumah sehingga si kecil bisa menikmati berbagai suasana yang berbeda.

Media files:
01g8t0teq70m62d0sksx2wwx56.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar