Search This Blog

Laga Indonesia vs Argentina Diproyeksi Sumbang Rp 965 Miliar ke Ekonomi RI

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Laga Indonesia vs Argentina Diproyeksi Sumbang Rp 965 Miliar ke Ekonomi RI
Jun 18th 2023, 11:02, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Calon penonton menunjukkan tiket pertandingan sepak bola Timnas Indonesia melawan Argentina di Jakarta, Sabtu (17/6/2023).  Foto: Fauzan/ANTARA FOTO
Calon penonton menunjukkan tiket pertandingan sepak bola Timnas Indonesia melawan Argentina di Jakarta, Sabtu (17/6/2023). Foto: Fauzan/ANTARA FOTO

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) memproyeksi pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Argentina pada 19 Juni 2023 akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

Dalam laporan LPEM FEB UI "Simulasi Potensi Dampak Ekonomi Penyelenggaraan FIFA Matchday Indonesia vs Argentina" yang diterima kumparan, Minggu (18/6), pertandingan tersebut akan berdampak pada penciptaan output sebesar Rp 965 miliar.

"Hasil simulasi menunjukkan jika terselenggara dengan aman dan lancar, FIFA Matchday ini berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang (output ekonomi) bagi perekonomian Indonesia sekitar Rp 965 miliar. Dari perputaran uang tersebut, akan tercipta nilai tambah ekonomi (PDB) sebesar Rp 495 miliar," tulis Yusuf Reza Kurniawan, Mohamad Dian Revindo, dan Calista Endrina Dewi dalam laporan tersebut.

Dari nilai tambah ekonomi itu, LPEM FEB UI memproyeksi akan tercipta pula tambahan pendapatan rumah tangga pekerja sebesar Rp 188 miliar. Selain itu, pendapatan pajak tidak langsung bagi pemerintah sebesar Rp 28 miliar, dan penciptaan kesempatan kerja sekitar 5.719 orang, meskipun kesempatan kerja ini sebagian besar sifatnya temporer.

"Dari aspek ekonomi, potensi dampak positif dari FIFA Matchday dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan Timnas Argentina," katanya.

Adapun asumsi pengeluaran atau stimulus ekonomi dari pertandingan tersebut sebesar Rp 584,04 miliar. Antara lain untuk sewa venue Rp 450 juta, sewa lapangan untuk latihan Timnas Indonesia dan Argentina Rp 140 juta, penjualan tiket Rp 75,40 miliar, hingga sponsor PSSI (tidak termasuk hak siar) Rp 157,43 miliar.

Media files:
01h34jc2n2fchrj6xf3t3bxq08.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts