Search This Blog

Bagaimana Efek Makan Pedas saat Hamil Muda?

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bagaimana Efek Makan Pedas saat Hamil Muda?
Jun 3rd 2023, 20:27, by Nur Khafifah, kumparanMOM

Ilustrasi ibu hamil berjemur di bawah matahari. Foto: Margo Basarab/Shutterstock
Ilustrasi ibu hamil berjemur di bawah matahari. Foto: Margo Basarab/Shutterstock

Beberapa kondisi yang kerap dialami ibu hamil muda adalah mual, sensitif pada bau, tidak nafsu makan, hingga mood yang naik turun. Kondisi ini membuat ibu hamil muda atau saat kehamilan masih trimester awal, jadi tidak nafsu makan.

Bahkan beberapa ibu hamil harus bedrest karena selalu muntah setiap makan sehingga badannya menjadi lemas. Padahal penting bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya agar kehamilan lancar dan janin di dalam kandungan tumbuh dengan optimal.

Nah salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengurangi rasa mual saat makan adalah dengan makan buah mangga muda dan makan pedas. Namun terkadang ibu khawatir saat makan pedas, janin di dalam perut juga akan ikut kepedesan. Bahkan ada beberapa anggapan yang lebih ekstrem bahwa makan pedas bisa memicu keguguran, persalinan prematur, dan membuat bayi mengalami cacat bawaan setelah lahir.

Tetapi, benarkah anggapan itu?

Dampak Ibu Hamil Muda Makan Pedas

Ilustrasi makan makanan pedas.  Foto: Shutterstock
Ilustrasi makan makanan pedas. Foto: Shutterstock

Menurut National Public Radio (NPR), sebuah penelitian menemukan, rasa dapat berpindah dari ibu ke cairan ketuban. Jadi, apa yang ibu makan selama kehamilan dapat membentuk preferensi makanan bayinya di kemudian hari. Mengonsumsi makanan pedas pun bisa membuat cairan ketuban Anda sedikit lebih pedas dan membuat bayi di dalam rahim merasakannya, Moms.

"Ya, aman untuk makan makanan pedas selama kehamilan. Dan untungnya, bayi Anda tidak tahu apa yang Anda makan. Anda juga tidak perlu khawatir (makan makanan pedas) membuat si kecil mulas atau membuat mereka mual. Mereka (bayi) sama senangnya mendapatkan semua nutrisi itu seperti Anda," ujar Dr. Cynthia Flynn, MD, Dokter Kandungan di Tampa, Florida, AS.

Makanan pedas, masih kata Dr. Flynn, tidak memengaruhi bayi di dalam kandungan dengan cara apa pun. Sebab, beberapa bayi mungkin akan menjadi aktif dengan menendang sebagai tanda bahwa dirinya senang telah diberikan nutrisi. Sementara, beberapa bayi di dalam kandungan lainnya mungkin akan tertidur setelah makan.

"Mengidam sesuatu mungkin memiliki arti, tapi keinginan untuk makan makanan pedas hanyalah preferensi makanan," tutupnya.

Jadi, sudah jelas ya, Moms, konsumsi makanan pedas boleh-boleh saja selama kehamilan. Asalkan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebab, bila Anda mengonsumsi dalam jumlah banyak, dikhawatirkan akan memicu gangguan pencernaan, seperti mulas atau rasa ingin buang air besar.

Media files:
uujde3hm3mjizefnjzpc.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar