Search This Blog

Analisis BMKG soal Gempa 5 Magnitudo di Tahuna Sulut

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Analisis BMKG soal Gempa 5 Magnitudo di Tahuna Sulut
May 14th 2023, 06:05, by Fadjar Hadi, kumparanNEWS

Ilustrasi gempa bumi. Foto: cigdem/shutterstock
Ilustrasi gempa bumi. Foto: cigdem/shutterstock

BMKG menyampaikan analisis terhadap gempa 5,5 magnitudo di Tahuna, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Gempa terjadi pada Minggu (14/5) pukul 02.16.45 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,0. Episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 112 Km arah utara Kepulauan Marore, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada kedalaman 61 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," tutur Daryono.

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa ini menimbulkan guncangan di daerah Kepulauan Marore, Kepulauan Sangihe dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu,

Kemudian di daerah Kendahe, Kepulauan Sangihe dengan skala intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," jelas Daryono.

BMKG menuturkan, hingga pukul 02.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Daryono.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," tutup Daryono.

Media files:
mjs3ist0mu4j9scgzryk.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar