Search This Blog

Lawan Kata Pahit Lengkap dengan Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Lawan Kata Pahit Lengkap dengan Penjelasannya
Apr 29th 2023, 20:55, by Berita Terkini, Berita Terkini

Lawan Kata Pahit, Foto: Unsplash.
Lawan Kata Pahit, Foto: Unsplash.

Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI memiliki ribuan kata. Dari banyaknya kata ini memiliki kata yang sama dan lawan katanya. Seperti yang akan dibahas di artikel ini mengenai lawan kata pahit.

Setiap kata pasti memiliki makna kebalikannya. Simak lawan kata pahit lengkap dengan penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Lawan Kata Pahit dalam Bahasa Indonesia

Lawan Kata Pahit, Foto: Unsplash.
Lawan Kata Pahit, Foto: Unsplash.

Dikutip dari buku Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia karya Aisyah Atikah Deasy S.Pd (2015: 6), antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Antonim disebut juga dengan lawan kata. Terdapat 3 jenis antonim yaitu sebagai berikut:

1. Antonim Gradien

Antonim Gradien adalah pasangan kata yang memiliki makna yang berlawanan namun dalam tingkatan atau ukuran yang berbeda. Contohnya adalah "besar" dan "kecil", "tinggi" dan "rendah", "panjang" dan "pendek".

2. Antonim Komplementer

Antonim Komplementer adalah pasangan kata yang maknanya saling melengkapi dan sama-sama diperlukan untuk menjelaskan suatu konsep atau objek. Contohnya adalah "buka" dan "tutup", "datang" dan "pergi", "masuk" dan "keluar".

3. Antonim Reversi

Antonim Reversi adalah pasangan kata yang maknanya saling berlawanan karena satu kata menunjukkan aksi atau proses, sedangkan yang lain menunjukkan hasil dari aksi atau proses tersebut. Contohnya adalah "bangun" dan "tidur", "masak" dan "makan", "menanam" dan "menuai".

Lawan kata dari "pahit" adalah "manis". "Pahit" merujuk pada rasa yang tidak enak di lidah, sedangkan "manis" merujuk pada rasa yang enak di lidah.

Lawan kata sering digunakan dalam bahasa untuk menunjukkan sebuah kontras atau kebalikan makna. Dalam hal ini, "pahit" dan "manis" adalah contoh pasangan kata yang berlawanan, di mana "pahit" menunjukkan sesuatu yang tidak enak, sementara "manis" menunjukkan sesuatu yang enak dan menyenangkan.

Sinonim Pahit

Sinonim adalah kata yang memiliki makna yang mirip atau sama dengan kata lain. Dalam hal ini, sinonim dari "pahit" adalah kata-kata yang merujuk pada rasa yang tidak enak di lidah atau pengalaman yang tidak menyenangkan. Beberapa sinonim dari kata "pahit" antara lain:

  1. Pedas

  2. Asam

  3. Tawar

  4. Kelat

  5. Amis

  6. Masam

  7. Lemas

  8. Pait

  9. Tidak enak

  10. Pecah perut

Baca Juga: Lawan Kata Nomaden dengan Contoh Kalimat Sesuai KBBI

Nah itulah uraian mengenai lawan kata pahit yaitu manis. Dengan adanya banyak kata ini, Anda bisa memilih penggunaan kata yang berbeda-beda tetapi memiliki makna yang sama. (Umi)

Media files:
01gz447vwqzzs1sk3svdb1g453.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar