Search This Blog

Apakah Sepupu Laki-Laki Boleh Melihat Rambut Kita? Ini Penjelasannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah Sepupu Laki-Laki Boleh Melihat Rambut Kita? Ini Penjelasannya
Apr 22nd 2023, 18:56, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi apakah sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita, sumber foto: Cedric Fauntleroy/Pexels
Ilustrasi apakah sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita, sumber foto: Cedric Fauntleroy/Pexels

Islam merupakan agama yang sangat menjaga martabat seorang perempuan. Buktinya, tidak sembarangan orang bisa melihat bagian tubuh atau aurat seorang wanita. Lalu, apakah sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita yang termasuk ke dalam aurat? Ini penjelasan lengkapnya.

Apakah Sepupu Laki-Laki Boleh Melihat Rambut Kita? Ini Jawabannya

Ilustrasi apakah sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita, sumber foto: Roxanne Minnish/Pexels
Ilustrasi apakah sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita, sumber foto: Roxanne Minnish/Pexels

Rambut merupakan bagian dari aurat seorang wanita. Di mana dalam buku Dosa-dosa Khas Wanita yang Paling Dimurkai Allah karya Ahmad Khotib, (Safirah) dijelaskan bahwa aurat wanita adalah seluruh badannya, kecuali muka dan kedua belah telapak tangannya.

Artinya, selain kedua tempat itu tidak boleh dibuka atau ditampakkan. Sebab, akan memicu tindakan dari tangan-tangan usil yang akhirnya merugikan perempuan itu sendiri. Jadi, jika dirunut ke belakang, sebenarnya aturan tersebut memiliki tujuan untuk melindungi wanita itu sendiri.

Lalu, apakah sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita yang termasuk ke dalam aurat seorang wanita? Jadi, bagi seorang wanita boleh menampakkan auratnya, misalnya tidak mengenakan hijab hanya di depan orang tertentu yang termasuk ke dalam mahramnya.

Mahram sendiri ada tiga kategori, yaitu mahram karena nasab, mahram karena hubungan pernikahan, dan mahram karena persusuan.

Baca juga: 3 Dampak Negatif Akibat Membuka Aurat bagi Umat Islam

Mahram karena nasab sendiri ada tujuh golongan, yaitu ibu, anak perempuan, saudara perempuan, anak perempuannya saudara laki-laki (keponakan), anak perempuannya saudara perempuan (keponakan), bibi dari ayah, dan yang terakhir bibi dari ibu.

Sementara itu mahram karena pernikahan ada empat, yaitu istri ayah, istri anak laki-laki, ibunya istri (mertua), dan anak perempuannya istri (anak tiri).

Terakhir mahram karena persusuan ada tujuh, yaitu ibu yang menyusui, saudara perempuan susuan, anak perempuan saudara laki-laki susuan, anak perempuan saudara perempuan susuan, bibi susuan (saudara susuan ayah), saudara susuan ibu, dan anak perempuan susuan (yang menyusu pada istri).

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa sepupu laki-laki bagi seorang perempuan bukanlah mahramnya. Yang artinya, seorang perempuan diwajibkan untuk menutup auratnya di depan sepupu laki-laki.

Meskipun sepupu laki-laki tersebut sudah dianggap seperti saudara sendiri, karena bukan termasuk mahram, maka kalian bisa menikahi sepupu laki-laki kalian. Demikian adalah pembahasan mengenai apa sepupu laki-laki boleh melihat rambut kita yang termasuk aurat bagi wanita. (WWN)

Media files:
01gygcyck46bv5g4wzk7w0rsr1.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar