Search This Blog

7 Keutamaan Silaturahmi dalam Islam dan Dalilnya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
7 Keutamaan Silaturahmi dalam Islam dan Dalilnya
Apr 22nd 2023, 19:22, by Berita Terkini, Berita Terkini

Keutamaan Silaturahmi, Foto: Unsplash.
Keutamaan Silaturahmi, Foto: Unsplash.

Silaturahmi dengan sesama manusia itu sangat dianjurkan. Apalagi ada banyak keutamaan silaturahmi dalam Islam yang akan didapatkan bagi yang melaksanakannya. Silaturahmi bisa dilakukan kapan saja, terutama pada saat momen Hari Raya Idul Fitri.

Banyak orang yang melakukan silaturahmi kepada sanak saudara, apalagi bagi yang merantau jauh. Momen silaturahmi ini dapat mempererat tali kekeluargaan dengan sanak saudara. Ketahui keutamaan silaturahmi dalam Islam dan dalilnya di ulasan berikut ini.

Keutamaan Silaturahmi dalam Islam

Keutamaan Silaturahmi, Foto: Unsplash.
Keutamaan Silaturahmi, Foto: Unsplash.

Dikutip dari buku Inilah Pesan Penting di Balik Berkah & Manfaat Silaturahmi karya Anna Mariana (2012: 68), silaturahmi adalah penyertaan kerabat dalam kebaikan yaitu dengan berbuat baik kepada kerabat sesuai dengan kondisi orang yang menyambung dan disambung baik dengan harta, bantuan, kunjungan, menebarkan salam, dan lain sebagainya.

Dalam Islam, silaturahmi atau hubungan baik antar sesama muslim dianggap sangat penting dan memiliki banyak keutamaan. Berikut ini adalah 7 keutamaan silaturahmi dalam Islam.

1. Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Allah SWT berfirman dalam surat Ar-Ra'd ayat 21, "Orang-orang yang beriman dan saling berpegangan kepada agama Allah, niscaya Allah akan memberikan kasih sayang kepada mereka." Dalam hadits juga disebutkan bahwa orang yang menjaga silaturahmi akan mendapat rahmat Allah.

2. Dapat Memperpanjang Umur

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang senang diperpanjang umurnya dan dilapangkan rizkinya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi."

Dari hadits ini, dapat diambil kesimpulan bahwa menjalin hubungan baik dengan sesama akan membawa keberkahan dan dapat memperpanjang umur.

3. Mendapatkan Pahala dari Allah SWT

Setiap kali seseorang menjalin silaturahmi dengan sesama, ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadits, "Barang siapa yang memelihara hubungan silaturahim, maka Allah akan memelihara hubungan dengannya."

4. Dapat Meningkatkan Kadar Iman

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak akan beriman seseorang di antara kalian sehingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri."

Dengan menjaga silaturahmi, seseorang akan dapat meningkatkan kadar imannya karena menjalin hubungan baik dengan sesama muslim.

5. Dapat Memperoleh Dukungan Sosial

Melalui silaturahmi, seseorang akan memiliki jaringan sosial yang luas dan dapat memberikan dukungan dalam berbagai hal, baik secara material maupun moral.

6. Dapat Mempererat Tali Persaudaraan

Dalam Islam, seluruh umat muslim dianggap sebagai saudara seiman. Dengan menjaga silaturahmi, tali persaudaraan antar sesama muslim akan semakin erat dan kokoh.

Baca Juga: Hikmah Silaturahmi dan Maknanya Menurut Agama Islam

7. Dapat Menyelesaikan Perselisihan

Silaturahmi juga dapat menjadi sarana untuk menyelesaikan perselisihan antara sesama muslim. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian saling membenci, janganlah kalian saling memutuskan hubungan, janganlah kalian saling berpaling dari satu sama lain, janganlah kalian menjual di atas jualan yang telah dilakukan oleh saudaramu, dan janganlah kalian saling membenci. Jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara."

Ada banyak keutamaan melakukan silaturahmi dalam Islam. Mari menjaga tali silaturami kepada sesama untuk mendapatkan pahala dan mempererat tali persaudaraan. (Umi)

Media files:
01gy9kbs0mft0fvv8k8fd00y3r.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar