Search This Blog

Peradi Kota Ternate Soroti Disperindag soal Dugaan Jual Beli Lapak ke Pedagang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Peradi Kota Ternate Soroti Disperindag soal Dugaan Jual Beli Lapak ke Pedagang
Mar 25th 2023, 19:00, by Tim cermat, Cermat

Ketua Peradi Kota Ternate. Foto: Samsul/cermat
Ketua Peradi Kota Ternate. Foto: Samsul/cermat

Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Kota Ternate, Maluku Utara, menyoroti mafia pasar yang setiap tahun, terutama saat bulan Ramadan selalu meresahkan pedagang.

Ramadan kali ini, beredar lagi dugaan jual beli lapak dengan bajet yang tak wajar dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, di hampir semua pasar. Dua di antaranya Pasar Higienis dan Pasar Kota Baru.

Ketua DPC Peradi Kota Ternate, Muhammad Konoras mengatakan, praktik jual beli lapak sudah lama terjadi di pasar Higienis Ternate. Ini karena tidak ada pengawasan ketat dari Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

"Akibat dari tidak adanya pengawasan, sehingga memberikan kesempatan kepada oknum-oknum petugas pasar atau pihak yang merasa dekat dengan wali kota melakukan bisnis gelap lapak tersebut," ucap Konoras, Sabtu (25/3).

Karena itu, menurut Konoras, upaya Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate dalam melakukan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) terkait masalah itu merupakan tindakan yang tepat.

"Jaksa telah melakukan tindakan tepat yang patut diapresiasi agar oknum-oknum nakal tidak lagi ramai di saat bulan Ramadan," katanya.

Konoras berharap pulbaket yang dilakukan Kejari Ternate adalah sebuah langkah yang serius untuk mengusut dugaan tersebut, sehingga tidak menjadi surga telinga semata.

Sebab selain itu, kata Konoras, Disperindag juga diduga melakukan penguatan liar terhadap kendaraan roda dua.

Pasalnya, di depan pasar Higienis, ia bilang ada tanda larangan parkir, tetapi faktanya ada kendaraan roda dua yang diparkir dengan membayar retribusi. Padahal kendaraan roda dua tersebut parkir di atas badan jalan atau bukan lahan parkir.

"Inilah pemandangan buruk yang terjadi selama ini dan merugikan kendaraan roda empat," pungkasnya.

Media files:
01gwca2j1mgh8r6sqn9131rbw9.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts