Search This Blog

5 Tips Mengembangkan Diri agar Hidup Lebih Sukses

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Tips Mengembangkan Diri agar Hidup Lebih Sukses
Feb 11th 2023, 15:46, by Jasmin Talisah Albana, Jasmin Talisah Albana

Photo from : pexels-photo
Photo from : pexels-photo

Di tengah tuntutan lingkungan sekolah dan pekerjaan, penting bagi kamu untuk melihat potensi yang ada di dalam diri. Melihat potensi yang ada di dalam diri dapat dilakukan dengan cara mengembangkan diri. Artinya kamu berusaha menjadi manusia yang ingin meningkatkan kualitas diri dan memperluas wawasan, sehingga kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi nantinya.

Meningkatnya kualitas diri dan wawasan akan berdampak baik bagi studi atau pun kariermu, karena kamu akan lebih merasa percaya diri terhadap dirimu sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri kamu!

1. Membaca buku

Photo from : pexels-photo
Photo from : pexels-photo

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang dapat memperluas wawasan kamu. Dengan membaca buku kamu dapat memperluas kosa kata sehingga saat kamu berbicara dengan lawan bicara, kamu akan terlihat pintar dan lebih percaya diri.

Buku-buku non fiksi tentang pengetahuan kehidupan mendasar, seperti buku tentang mental health dan kisah perjalanan seseorang dalam meraih kesuksesan sangat disarankan untuk kamu yang ingin fokus untuk mengembangkan potensi dalam diri.

2. Berolahraga rutin

Photo from : pexels-photo
Photo from : pexels-photo

Cobalah untuk berolahraga secara rutin, olahraga rutin dapat memacu dirimu untuk terus konsisten terhadap apa yang kamu lakukan. Buatlah jadwal untuk berolahraga, misalnya dalam seminggu kamu berolahraga sebanyak tiga kali. Tentukan waktu dan hari yang tepat agar kamu bisa terus konsisten untuk berolahraga.

Bagi kamu yang mengalami gangguan kesehatan mental seperti kecemasan berlebih, olahraga dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kecemasan. Saat kamu berolahraga maka kamu akan mengeluarkan keringat yang dapat mengurangi hormon stress sehingga kamu tidak akan begitu cemas lagi. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari olahraga rutin yang akan kamu rasakan.

3. Bangun lebih pagi

Photo from : pexels-photo
Photo from : pexels-photo

Mungkin bagi sebagian orang bangun lebih pagi sangat sulit dilakukan. Bangun lebih awal juga harus diikuti dengan jam tidur yang cukup. Bagi orang dewasa jam tidur yang efektif adalah 7-8 jam sehari. Dengan tidur cukup kamu akan mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga kerja otakmu akan maksimal. Bangun lebih pagi membuat kamu melakukan aktivitas lebih awal dari orang lain, selain itu bangun pagi juga dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik untuk beraktivitas seharian.

4. Berlatih public speaking

Photo from : pexels-photo
Photo from : pexels-photo

Publik speaking dapat meningkatkan potensi dalam dirimu. Kamu dapat melatih bicaramu dengan cara berbicara di depan kaca sebelum tidur. Cara tersebut dapat membantu kamu untuk lebih mengenal nada bicara dan kosa katamu. Public speaking juga merupakan salah satu daya tarik seseorang untuk terlihat menarik dan percaya diri

5. Meditasi

Photo from : pexels-photo
Photo from : pexels-photo

Belum banyak orang tahu tentang meditasi, padahal meditasi memiliki banyak manfaat untuk mengembangkan diri. Meditasi merupakan metode yang dilakukan dengan tujuan untuk melatih fokus dan ketenangan. Dengan bermeditasi berarti kamu berusaha mendisiplinkan diri untuk fokus dan tenang terhadap suara yang kamu dengarkan.

Kamu dapat melakukan meditasi secara rutin, misalnya sebelum tidur atau sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Jika kamu rutin melakukannya kamu akan mendapatkan dampak positif yang besar. Kamu akan menjadi pribadi yang tenang namun tetap fokus jika dihadapkan oleh situasi yang tak terduga.

Media files:
01gr363v1y8r1fzjppnh2d40az.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts