Search This Blog

Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap dalam Perubahan Wujud Zat

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap dalam Perubahan Wujud Zat
Jan 28th 2023, 18:36, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap      Foto:Unsplash
Ilustrasi Jelaskan Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap Foto:Unsplash

Perpindahan kalor dapat mengakibatkan terjadinya perubahan wujud suatu zat. Jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap! Simak perbedaannya dalam perubahan wujud zat berikut ini.

Perbedaan suhu dengan kalor dijelaskan dalam buku Arif Cerdas untuk Sekolah Dasar Kelas 5 yang disusun oleh Christiana Umi (2020:258). Diambil dari buku tersebut, suhu adalah besaran fisika yang menyatakan derajat panas suatu benda.

Sedangkan pengertian kalor adalah salah satu bentuk energi yang dapat diterima atau dilepaskan oleh suatu benda. Suhu diukur dengan termometer, sedangkan kalor diukur dengan kalorimeter.

Baca juga: Apa Perbedaan Suhu dan Kalor yang Dialami Suatu Benda?

Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap

Jelaskan Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap!   Foto:Unsplash
Jelaskan Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap! Foto:Unsplash

Terjadinya perubahan wujud suatu zat diakibatkan adanya perpindahan energi panas atau kalor. Pada saat zat menerima atau melepaskan kalor, maka zat tersebut akan mengalami perubahan wujud.

Pada saat zat menerima kalor, maka zat itu akan mengalami kenaikan suhu dan perubahan wujud. Contohnya peristiwa mencair, menguap, dan menyublim.

Ketika zat melepaskan kalor, zat itu akan mengalami pendinginan dan juga perubahan wujud. Perubahan wujud zat yang disertai pelepasan kalor adalah peristiwa membeku, mengembun, dan mengkristal.

Jenis-jenis perubahan wujud beda yang diakibatkan perpindahan energi kalor adalah sebagai berikut.

  1. Mencair merupakan peristiwa perubahan wujut zat dari padat ke cair. Contohnya es atau mentega yang dipanaskan akan mencair.

  2. Membeku adalah peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi padat. Contohnya air yang dimasukkan ke dalam freezer akan menjadi es.

  3. Mengkristal atau menghablur adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi padat. Contohnya gas dari kapur barus jika didinginkan akan menjadi kristal padat.

  4. Menguap adalah peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi gas. Contohnya bensin yang bila dibiarkan di udara terbuka lama kelamaan akan habis karena berubah menjadi gas.

  5. Menyublim merupakan peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gas. Contohnya kapur barus atau kamper yang jika diletakkan di tempat terbuka lama kelamaan akan habis, karena berubah menjadi gas.

  6. Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud zat dari gas menjadi cair. Contohnya butiran air di dinding gelas berisi air es, atau titik-titik air embun pada daun di pagi hari.

Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap dalam Perubahan Wujud Zat Foto:Unsplash
Perbedaan Peristiwa Mencair dan Menguap dalam Perubahan Wujud Zat Foto:Unsplash

Mencair dan menguap adalah peristiwa perubahan wujud benda yang disebabkan karena suatu zat menerima kalor. Perbedaan peristiwa mencair dan menguap adalah jika mencair adalah perubahan wujud zat dari padat ke cair, sedangkan menguap merupakan perubahan wujud zat dari cair menjadi gas.(DK)

Media files:
01gqtmj8eak9gzqay0e1csc0s7.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar