Debut global Toyota Veloz Hybrid di Indonesia melalui pameran GJAW 2025, Jumat (21/11). Foto: Aditya Niagara/kumparan
PT Toyota-Astra Motor (TAM) baru saja menambah portofolio produknya lewat debut global New Toyota Veloz Hybrid. Mobil yang dirakit lokal ini menjadi sorotan utama dalam ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Hal ini sekaligus menandai langkah strategis perusahaan untuk memperkuat eksistensinya dalam elektrifikasi kendaraan di Tanah Air maupun dunia.
Model elektrifikasi terbaru di segmen keluarga tersebut dipasarkan mulai Rp 299 juta, menjadikannya opsi baru bagi konsumen yang ingin beralih ke kendaraan lebih irit dan ramah lingkungan. Dengan banderol tersebut Toyota juga ingin menjangkau lebih banyak pengguna MPV yang membutuhkan mobil efisien untuk pemakaian harian, namun tetap nyaman dan mudah dirawat seperti model konvensional.
Di sisi lain, hadirnya Veloz Hybrid sekaligus meneruskan rekam jejak panjang Veloz yang telah menjadi salah satu tulang punggung penjualan Toyota lebih dari satu dekade.
Toyota New Veloz Hybrid mengadopsi mesin 2NR-VEX 1.500 cc yang sama dengan Toyota Yaris Cross, namun telah mengalami serangkaian peningkatan. Perpaduan mesin bensin dan motor listrik kini memberikan transisi tenaga lebih instan dan linear, sesuai kebutuhan pengguna MPV keluarga yang mengutamakan kenyamanan dalam berbagai kondisi jalan.
Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, menjelaskan bahwa teknologi self-charging hybrid pada New Veloz Hybrid EV membuat baterai terisi otomatis saat kendaraan melaju. Teknologi ini memberikan kombinasi efisiensi bahan bakar, kemudahan perawatan, dan pengalaman berkendara yang ramah lingkungan.
"Hadirnya model (Veloz Hybrid), MPV hibrida baru di segmen yang paling besar di Indonesia akan menjangkau masyarakat yang lebih luas untuk beralih ke kendaraan elektrifikasi, sekaligus turut berkontribusi dalam pengurangan emisi," kata Henry dalam keterangan resminya, Jumat (21/11).
Kombinasi kapasitas, efisiensi, dan ketangguhannya itu menjadikan Toyota New Veloz Hybrid sebagai kendaraan serbaguna yang cocok dengan gaya hidup, pola perjalanan, dan preferensi keluarga Indonesia.
Mobil Toyota Veloz Hybrid di Indonesia melalui pameran GJAW 2025, Jumat (21/11). Foto: Aditya Niagara/kumparan
Secara tampilan, Toyota New Veloz Hybrid membawa penyegaran visual yang membuatnya terlihat semakin sporty dan premium. Toyota menghadirkan opsi warna dual tone, serta pilihan bodykit Modellista khusus untuk tipe Q Grade bagi konsumen yang menginginkan tampilan lebih elegan dan berbeda.
Identitas Veloz sebagai MPV berkarakter modern tetap dipertahankan melalui kabin yang lapang dan fungsional.
Selain itu, perusahaan juga secara resmi mulai meniagakan dua model elektrifikasi lainnya, yaitu New bZ4X Battery EV dan New Urban Cruiser Battery EV yang sebelumnya sudah ikut mejeng pada GIIAS 2025.
Adapun, New bZ4X Battery EV hadir dengan sejumlah peningkatan, termasuk kapasitas dan performa baterai yang lebih baik untuk jarak tempuh lebih jauh dan akselerasi lebih responsif. Model ini turut mendapat pembaruan desain eksterior dan interior yang kini terintegrasi dengan New T-Intouch.
Suasana peluncuran Toyota Veloz Hybrid di Indonesia melalui pameran GJAW 2025, Jumat (21/11). Foto: Aditya Niagara/kumparan
Lebih lanjut, New Urban Cruiser Battery EV ditujukan bagi masyarakat yang mencari mobil setrum bergaya modern dengan performa andal untuk aktivitas sehari-hari di berbagai kondisi jalan.
"Kami memahami bahwa tidak ada satu produk pun yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang dengan cara yang sama. Melalui semangat 'Toyota Ada Untuk Indonesia', kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan setiap masyarakat, termasuk pada model elektrifikasi," timpal President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.
Pada sisi lain, kehadiran ketiga model itu semakin melengkapi lini elektrifikasi Toyota yang semakin luas Hal ini juga menegaskan dedikasi perusahaan dalam menghadirkan solusi mobilitas yang inklusif, berkelanjutan, dan sesuai kebutuhan.
Sejak awal kemunculannya, Toyota bertekad mendukung mobilitas masyarakat di berbagai kebutuhan dan lintas generasi. Selama lebih dari 54 tahun, motivasi 'Toyota Ada untuk Indonesia' terus menjadi dasar kontribusi perusahaan bagi kemajuan bangsa.
Interior Toyota Veloz Hybrid di Indonesia melalui pameran GJAW 2025, Jumat (21/11). Foto: Aditya Niagara/kumparan
"Kami memperluas pilihan elektrifikasi dan mendorong produksi lokal, agar mempermudah akses pelanggan terhadap teknologi ramah lingkungan, sekaligus berkontribusi nyata terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional," sambungnya.
Belum lama ini, Toyota Indonesia Group merayakan ekspor tiga juta unit kendaraan ke lebih dari 100 negara. Capaian ini membuktikan bahwa kekuatan serta kemampuan industri otomotif lokal bisa menyuguhkan kendaraan yang bersaing di pasar global.
"Komitmen kami untuk berkontribusi dan tumbuh bersama Indonesia tercermin dari investasi lebih dari Rp 100 triliun. Investasi tersebut bukan hanya untuk memperkuat ekosistem otomotif nasional, tapi juga untuk riset, inovasi lokal, serta pengembangan industri pendukung. Bersama para mitra, kami pun telah menciptakan lebih dari 360 ribu lapangan kerja di Tanah Air," tuntas Ueda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar