Search This Blog

Fitur di Innova Zenix untuk Menunjang Keselamatan Berkendara Saat Road Trip

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Fitur di Innova Zenix untuk Menunjang Keselamatan Berkendara Saat Road Trip
Oct 13th 2024, 12:00, by Aditya Pratama Niagara, kumparanOTO

kumparan Eco Journey mencoba Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross. Foto: Dok.kumparan
kumparan Eco Journey mencoba Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross. Foto: Dok.kumparan

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid khususnya tipe Q menyajikan banyak fitur, baik untuk pemanja di dalam kabin, keselamatan, keamanan, hingga hiburan penumpang.

Inilah yang kami rasakan saat mengemudikan satu-satunya MPV hybrid di Indonesia di program Eco Journey. Menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, Yogyakarta, Pacitan, Kebumen, Purwokerto, Tasikmalaya, hingga Jakarta lagi.

Eco Journey kumparan saat Toyota Kijang Innova Zenix melintas di Tasikmalaya. Foto: Dok. kumparan
Eco Journey kumparan saat Toyota Kijang Innova Zenix melintas di Tasikmalaya. Foto: Dok. kumparan

Secara point of view dari pengemudi, ada banyak perangkat yang membantu petualangan dengan mobil ini makin berkesan dan nyaman.

Dari fitur pemanja dulu. Hadirnya panoramic sunroof menambah pengalaman berkendara lebih menyenangkan. Bagaimana tidak, feeling kabin jadi lebih lega, apalagi saat berkendara di sore hari, ditemani langit yang sedang cerah-cerahnya serasa lebih syahdu.

Meskipun jarang duduk di baris tengah, tapi sesekali saya singgahi untuk beristirahat selama kumparan Eco Journey, apalagi ketika mobil listrik bZ4X diisi daya.

Interior Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Interior Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Kursi dengan bentuk captain seat plus fungsi ottoman menggunakan pengaturan elektrik, membuat mobil ini begitu istimewa. Fungsi leg rest yang bisa dilipat otomatis membuat kaki lebih rileks, serasa eksekutif yang tengah bepergian.

Oh iya tak lupa, dengan pengaturan sliding yang jaraknya jauh, membuat ruang kabin di baris kedua bisa begitu leluasa. Bepergian dengan format 4 penumpang, akan sangat lega ruangnya. Sementara jok baris tiga dilipat, dioptimasi untuk ruang bagasi.

Bagasi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang muat banyak barang. Foto: Dok. kumparan
Bagasi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid yang muat banyak barang. Foto: Dok. kumparan

Sebagai pengemudi, pengaturan tinggi, sliding, maupun reclining walaupun masih dilakukan secara manual tetap menunjang kenyamanan. Setir yang dapat diatur tilt maupun teleskopik sangat membantu posisi mengemudi yang ideal.

Unit yang saya kemudikan juga telah dilengkapi dengan head unit 10 inci dengan koneksi ponsel pintar. Makanya selama perjalanan bisa memainkan musik kesukaan, juga menampilkan peta digital di layar monitornya.

Eco Journey kumparan saat mengendarai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Dok. kumparan
Eco Journey kumparan saat mengendarai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Dok. kumparan

Dengan mengetahui rute, saya sebagai pengemudi jadi mengetahui arah jalur yang hendak dilewati, baik itu ke kanan atau kiri, sehingga bisa mengambil ancang-ancang deselerasi terlebih dulu.

Dan ini juga yang fundamental. Menu lain di head unit juga memungkinkan mengecek saldo uang elektronik. Tapi belum bisa untuk top-up, ya!

Eco Journey kumparan saat mengendarai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Dok. kumparan
Eco Journey kumparan saat mengendarai Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid. Foto: Dok. kumparan

Lanjut fitur keselamatan dan keamanan. Fungsi asisten mengemudi Toyota Safety Sense juga sangat berperan penuh selama di perjalanan. Lane Departure Alert dan Lane Tracing Assist, selalu memandu untuk menjaga laju tetap di lajur.

Ada juga Dynamic Radar Cruise Control, berkelana di jalan tol lebih less capek, karena laju mobil bisa disesuaikan kecepatannya dengan kendaraan di depan. Pun dengan Pre-Collision System, yang selalu memberi peringatan adanya potensi tabrakan depan.

Tak ketinggalan blind spot monitor yang mendeteksi adanya objek di bidang pandang terbatas misalnya saat hendak pindah lajur, akan ada notifikasi di spion untuk menunda manuver karena ada kendaraan yang mendekat.

Terakhir yang juga vital keberadaannya adalah panoramic view monitor atau sederhananya kamera 360 yang membantu penglihatan sekeliling mobil apabila saat parkir, atau lewat di jalan yang sangat sempit.

Sesekali kami harus berpapasan dengan kendaraan lain di jalur yang ekstra sempit. Dengan adanya fitur tersebut, saya bisa mudah memantau area kiri yang susah terlihat dengan mata telanjang. Artinya cukup menoleh di layar monitor.

Media files:
01j95ynz4mgy51bmqg4kq0r6wn.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar