Search This Blog

Bank Sumsel Babel Ciptakan UMKM Naik Kelas Melalui Program KUR

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bank Sumsel Babel Ciptakan UMKM Naik Kelas Melalui Program KUR
Aug 10th 2024, 18:37, by W Pratama, Urban Id

Salah satu UMKM mitra binaan Bank Sumsel Babel di Kota Pangkal Pinang. (ist)
Salah satu UMKM mitra binaan Bank Sumsel Babel di Kota Pangkal Pinang. (ist)

Bank Sumsel Babel terus mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar naik kelas melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di wilayah Sumsel dan Babel.

Seperti halnya Riskyana, Owner Keritcu super Sindi Snack salah satu UMKM binaan Bank Sumsel Babel yang beralamat di Jalan RE Martadinata, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, mengembangkan usaha Keritcu.

Kesuksesannya, tak luput dari komitmen dan dedikasi Bank Sumsel Babel dalam mendukung pengembangan UMKM yang menjadi pendorong utama kesuksesan banyak pengusaha di Bangka Belitung.

Riskyana, mengatakan awal mula memulai usaha tersebut pada tahun 2010 hingga sampai saat ini, dan pelanggannya sudah banyak.

"Jadi telur cumi itu dianggap kebanyakan orang sebagai limbah dan tidak terpakai kemudian dibuang. Dengan ide dan keberanian bagaimana caranya saya mengolah limbah yang dianggap tidak memiliki nilai jual dan tidak menarik tersebut agar bisa diolah menjadi camilan yang disukai banyak orang. Terciptalah makanan yang dinamakan Keritcu," katanya.

Awalnya, modal usaha yang dikeluarkan sebesar Rp 7 juta, dan pelanggan pertama adalah kerabat terdekat. Kemudian melalui kabar dari mulut ke mulut baru lah sampai saat ini produk camilannya sudah tersebar ke seluruh Bangka Belitung.

"Keritcu ini mulai banyak dikenal karena selain sebagai camilan, tapi bisa dibawa juga dalam bentuk oleh–oleh khas dari Bangka Belitung. Dengan banyaknya warga dan masyarakat Babel yang mudik, dan dari luar Pulau Bangka pun sudah banyak yang tahu dengan camilan ini," jelasnya.

Sejak awal tahun 2024, Riskyana mengelola keuangan usaha Keritcu Super Sindi Snack sudah menggunakan Qris dari Bank Sumsel Babel, karena memudahkan semua pembayaran non-tunai dan praktis.

"Dalam pembiayaan saya sangat terbantu dengan fasilitas pembiayaan Bernama KUR dari Bank Sumsel Babel yang dimanfaatkan dengan baik sebagai pendorong modal kerja sebagai UMKM," ungkap Riskyana.

Usaha tersebut meningkat, dikarenakan semakin banyaknya alat untuk memudahkan dalam pengolahan keritcu.

"Manfaat yang kami rasakan ketika hadirnya Qris dari Bank Sumsel Babel, yaitu memudahkan dalam bertransaksi secara non-tunai," ucapnya.

"Semoga Bank Sumsel Babel selalu menjadi Mitra dan Solusi untuk seluruh UMKM di Bangka Belitung yang membutuhkan bantuan pembiayaan," kata Owner Keritcu Super Sindi Snack.

Pemimpin Divisi Sekretaris Perusahaan Bank Sumsel Babel, Ahmad Azhari, mengatakan perusahaan berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung program-program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Khususnya melalui program KUR untuk mendorong UMKM naik kelas," katanya.

Media files:
01j4y143s3h5bz6rfmmvfpg4en.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts