Search This Blog

Bacaan Niat Wudhu Istihadhah bagi Wanita dan Ketentuannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bacaan Niat Wudhu Istihadhah bagi Wanita dan Ketentuannya
Aug 4th 2024, 17:01, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi niat wudhu istihadhah. Sumber: pexels.com
Ilustrasi niat wudhu istihadhah. Sumber: pexels.com

Beberapa hari setelah haid, biasanya wanita akan mengeluarkan darah istihadhah. Di mana ketika muncul, maka para muslimah bisa melaksanakan mandi besar dan mulai melaksanakan ibadah. Namun, sebelum itu, penting bagi para muslimah untuk mengetahui bacaan niat wudhu istihadhah yang benar.

Hal ini karena bacaan tersebut berbeda dengan niat wudu pada umumnya. Oleh karena itu, sebagai wanita muslim, harus menghafalkan niat wudu lengkap dengan ketentuannya sesuai ajaran Islam.

Bacaan Niat Wudhu Istihadhah dan Ketentuannya

Ilustrasi niat wudhu istihadhah. Sumber: pexels.com
Ilustrasi niat wudhu istihadhah. Sumber: pexels.com

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa istihadhah dimaknai sebagai darah yang mengalir bukan pada waktu haid atau nifas. Jadi, setiap darah yang keluar sebelum, kurang, dan lebih dari masa haid disebut sebagai istihadhah.

Adapun darah istihadhah bisa keluar dari wanita berumur minimal 9 tahun dan sudah melebihi waktu 15 hari. Kemudian wanita yang mengalami istihadhah tidak wajib mandi besar, kecuali jika darahnya sudah berhenti. Akan tetapi, mereka wajib wudu dan membersihkan kemaluan saat hendak salat, walau wudunya belum batal.

Mengutip dari buku Haidh, Nifas, Istihadhah, Muhammad Abdul Basith (2024:101), berikut ini adalah bacaan niat wudhu istihadhah lengkap dengan artinya yang wajib dihafalkan oleh wanita muslim.

نَوَيْتُ فَرْضَ الْوُضُوْءِ لاِسْتِبَاحَة الصَّلاَةِ لِلَّهِ تَعَالَى
Nawaitu Fardhal Wudhu'i lis tibahatis salati lillahi ta'ala
Artinya, "Aku niat fardunya wudu untuk diperbolehkannya salat karena Allah Ta'ala."

Jika sudah membaca niat wudu di atas, maka bisa langsung berwudu seperti biasa dan dilanjutkan dengan melakukan salat. Adapun ketentuan atau tata cara salat bagi wanita istihadhah menurut tuntunan Islam adalah sebagai berikut.

  1. Membersihkan daerah kemaluan terlebih dahulu. Kemudian tutupi dengan kain di atas kapas agar darah berhenti menetes keluar.

  2. Setelah itu, berwudu dengan niat wudu istihadhah.

  3. Kemudian segera laksanakan salat. Sebab, jika tidak bergegas, maka tata cara yang dikerjakan sebelumnya akan dianggap tidak sah.

  4. Wudu istihadhah akan dianggap batal jika keluar dari waktu salat dan keluar hadas lain, selain istihadhah.

Baca Juga: Bacaan Niat Pausa Senin Kamis dan Keutamaannya

Itulah informasi bacaan niat wudhu istihadhah lengkap dengan ketentuannya yang wajib diketahui oleh setiap muslim. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat, ya. (Anne)

Media files:
01j4e392zf4qwts374qa1f2dr5.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts