Search This Blog

Apa itu CAPTCHA? Ini Penjelasan beserta Fungsi-fungsinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa itu CAPTCHA? Ini Penjelasan beserta Fungsi-fungsinya
Aug 24th 2024, 19:03, by Berita Terkini, Berita Terkini

CAPTCHA artinya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
CAPTCHA artinya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay

Dalam era digital yang semakin berkembang, keamanan menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pengguna internet. Salah satu metode yang sering digunakan adalah CAPTCHA. Namun, masih banyak yang tidak tahu apa itu CAPTCHA.

CAPTCHA digunakan untuk memastikan bahwa pengguna yang berinteraksi dengan suatu sistem adalah manusia, bukan program otomatis (bot). Dengan begitu, situs yang digunakan dapat menjadi lebih aman dan terkendali dengan adanya CAPTCHA.

Apa itu CAPTCHA?

CAPTCHA artinya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay
CAPTCHA artinya. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Pixabay

Mengutip dari buku Kamus Komputer Lengkap, Tim EMS, (2015), CAPTCHA adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Lalu, apa itu CAPTCHA?

CAPTCHA merupakan tes yang dirancang untuk membedakan antara manusia dan komputer. Tes ini biasanya muncul dalam bentuk tantangan sederhana, seperti mengenali teks dalam gambar atau memilih gambar yang memenuhi kriteria tertentu.

CAPTCHA diperlukan karena perkembangan teknologi telah membuat bot semakin cerdas dan mampu meniru perilaku manusia dengan lebih baik. Bot dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang merugikan, seperti mengirimkan spam dan mengambil data dari situs.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa fungsi CAPTCHA berikut ini.

1. Mencegah Spam

CAPTCHA sangat efektif dalam mencegah bot mengirimkan spam di berbagai platform seperti blog, forum, dan media sosial. Dengan adanya CAPTCHA, hanya manusia yang dapat mengirimkan komentar atau pesan, sehingga platform tetap terkendali.

2. Mencegah Serangan Brute Force

Serangan brute force adalah metode yang digunakan oleh peretas untuk mencoba menebak kata sandi dengan mencoba berbagai kombinasi secara otomatis.

CAPTCHA membuat serangan ini menjadi lebih sulit, karena bot yang menjalankan serangan tersebut tidak dapat dengan mudah menyelesaikan tantangan CAPTCHA, sehingga menghambat upaya untuk mendapatkan akses ke akun pengguna.

3. Melindungi Akun Pengguna

CAPTCHA membantu melindungi akun pengguna dari upaya peretasan atau akses tidak sah. Dengan meminta pengguna untuk menyelesaikan CAPTCHA saat login atau melakukan aktivitas sensitif, sistem memastikan bahwa yang mengakses akun adalah manusia.

4. Mencegah Scraping Data

Data scraping adalah proses di mana bot mengambil data dalam jumlah besar dari situs web untuk tujuan tertentu, yang sering kali melanggar kebijakan situs tersebut atau digunakan untuk tujuan yang tidak etis.

Baca juga: View Source: Mengambil Kode Program pada Website yang Berbentuk HTML

Secara keseluruhan, CAPTCHA artinya tindakan menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna di dunia maya. Dengan menghambat aktivitas bot, CAPTCHA membantu menciptakan lingkungan digital yang lebih aman dan terjaga dari berbagai ancaman. (RIZ)

Media files:
01j61t20akzdtcqr8dvrv2znat.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts