Search This Blog

3 Contoh Permasalahan yang Dapat Dikaji dengan Menggunakan Prinsip Penyebaran

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Contoh Permasalahan yang Dapat Dikaji dengan Menggunakan Prinsip Penyebaran
Aug 17th 2024, 17:56, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Lambang Sila Pancasila. Foto: dok. Unsplash/Lighten Up
Ilustrasi Lambang Sila Pancasila. Foto: dok. Unsplash/Lighten Up

Tuliskan 3 contoh permasalahan yang dapat dikaji dengan menggunakan prinsip penyebaran! Soal ini merupakan bahan latihan terkait pelajaran geografi. Ada beberapa permasalahan yang dapat ditemukan dalam lingkungan sekitar.

Salah satunya adalah permasalahan mengenai persebaran hujan yang terjadi antara wilayah satu dengan wilayah lainnya yang mengalami perbedaan. Tak hanya itu, masih ada beberapa permasalahan lainnya yang dapat dikaji dalam prinsip penyebaran ini.

Mengenal 3 Contoh Permasalahan yang Dapat Dikaji dengan Menggunakan Prinsip Penyebaran

Ilustrasi Tuliskan 3 Contoh Permasalahan yang Dapat Dikaji dengan Menggunakan Prinsip Penyebaran. Foto: dok. Unsplash/Annie Spratt
Ilustrasi Tuliskan 3 Contoh Permasalahan yang Dapat Dikaji dengan Menggunakan Prinsip Penyebaran. Foto: dok. Unsplash/Annie Spratt

Mengutip dari dalam buku berjudul Pengantar & Teori Geografi Transportasi, Dr. Dahri Hi. Halek, M.Pd (2023: 42), dalam ilmu Geografi dikenal empat prinsip geografi yang menjadi tolak ukuran kajian tentang konsep keruangan. Salah satunya adalah prinsip penyebaran atau yang juga dikenal sebagai prinsip distribusi.

Prinsip penyebaran memiliki fungsi untuk mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan fenomena lainnya secara menyeluruh. Tak hanya itu, prinsip penyebaran juga dapat membantu menelaah gejala dan fenomena geografi yang tersebar di permukaan bumi secara tidak sama dan tidak merata.

Fenomena geografi yang dapat dikaji dalam prinsip penyebaran antara lain bentang alam, persebaran penduduk, persebaran sumber daya alam. Persebaran curah hujan, tumbuhan, hewan, dan manusia. Dengan adanya prinsip penyebaran ini, masyarakat dapat meramalkan kondisi di masa yang akan datang.

Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi. Tuliskan 3 contoh permasalahan yang dapat dikaji dengan menggunakan prinsip penyebaran! Berikut ini adalah beberapa contoh permasalahan yang dapat dikaji dengan menggunakan prinsip distribusi atau penyebaran yang dapat dijumpai.

  1. Persebaran flora dan fauna yang tersebar di penjuru wilayah Indonesia membuat flora dan fauna endemik berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

  2. Persebaran potensi air hujan yang berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya membuat wilayah satu memiliki kondisi cuaca yang lebih lembap dibanding wilayah lainnya.

  3. Persebaran total penduduk transmigran di Indonesia yang kurang merata, hal ini dapat dilihat dari persebaran penduduk yang lebih terpusat di wilayah Jawa dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia.

Baca juga: Prinsip dan Pendekatan Geografi yang Sering Digunakan

Pembahasan ringkas mengenai tuliskan 3 contoh permasalahan yang dapat dikaji dengan menggunakan prinsip penyebaran ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan bermanfaat. (DAP)

Media files:
01j5f9xqepmgqgqabsd7v1v1bm.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts