Jun 2nd 2024, 09:00, by Fitra Andrianto, kumparanOTO
Umumnya Honda ADV 150 cc diandalkan para pemiliknya sebagai motor harian. Kalaupun dimodifikasi, kebanyakan motor ini dijadikan bergaya adventure seperti menambahkan aksesoris lampu atau boks tambahan di bagian belakang.
Namun, apa jadinya apabila Honda ADV dimodifikasi menjadi bobber sportster yang tongkrongannya lebih gemuk nan berisi? Adalah penggawa Kojay Garage Riki Eko Jaya yang melakukan modifikasi ekstrem tersebut.
Baginya memodifikasi dengan konsep bobber dari bahan motor batangan atau motor dengan mesin v-engine, adalah hal yang biasa dikerjakan. Saat ini pria yang karib disapa Kojay memang tengah aktif melakukan modifikasi dari bahan-bahan motor matik.
Kojay sudah mulai mengkustom motor matik sejak 2015, namun saat itu tidak berjalan mulus dan malah menjadi cibiran. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk mengembangkan motor kustom dari bahan motor matik.
"Bikin dari bahan Suzuki Skywave yang dijadikan japstyle enggak laku, yah dikata-katain. Motor kustom kok matik. Di era itu orang kan masih idealis, motor kustom ya kopling," bukanya saat ditemui kumparan di workshopnya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan.
Lebih lanjut, Kojay bercerita konsep motor kustom dari Honda ADV ini adalah keinginan konsumennya yang ingin memiliki motor kustom tapi tidak bisa menggunakan motor kopling.
"Nah motor ini tuh desainnya dari konsumen pengin punya motor seperti itu, tapi beliau tidak bisa pakai motor kopling tapi sudah punya motor matik si Honda ADV ini, akhirnya motornya dikirim ke sini untuk dikustom," ujarnya.
Kojay menjelaskan, modifikasi dari Honda ADV ini hanya mengambil bagian mesin, kabel body, pengereman dan beberapa part lainnya.
"Kita juga potong di velg bagian belakang untuk pembuatan perubahan dari belt ke rantai belakang. Harus ada pengambilan dari roda belakang yang diambil dan beberapa part bagian lainnya," pungkasnya.
Sementara untuk pembuatan bagian bodynya Kojay membuat dari pelat yang punya ketebalan mulai dari 1 mm hingga 1,2 mm. Sementara untuk bracket menggunakan bahan dengan ketebalan 3 mm sampai 6 mm.
Lamanya pembuatan, untuk konsep dari bahan Honda ADV ini membutuhkan waktu 6 sampai 8 bulan. Sedangkan untuk biaya kustomnya secara keseluruhan membutuhkan biaya sekitar Rp 55 juta.
Soal kesulitan, untuk penggunaan dari bahan motor matik, Kojay membutuhkan waktu untuk riset pembuatan engine mounting agar stabil.
"Paling lama itu riset engine mounting, biar mesinnya enggak goyang. Lalu selanjutnya bagian CVT bagaimana dia bisa menyelaraskan beban dari motor yang lebih berat dari standarnya," tuntasnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar