Search This Blog

Doa Tidur dalam Islam beserta Artinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Doa Tidur dalam Islam beserta Artinya
Jun 22nd 2024, 19:34, by Berita Terkini, Berita Terkini

Doa Tidur dalam Islam. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Kinga
Doa Tidur dalam Islam. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Kinga

Doa tidur dalam islam beserta artinya yang dapat diamalkan setiap malam oleh umat muslim. Dalam Islam, tidur merupakan salah satu anugerah dari Allah Swt yang memberikan kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan energi setelah seharian beraktivitas.

Agar tidur membawa berkah dan dilindungi dari gangguan, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur. Doa ini bertujuan untuk mengingat Allah, memohon perlindungan, dan berserah diri kepada-Nya.

Doa Tidur dalam Islam

Doa Tidur dalam Islam. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Gregory
Doa Tidur dalam Islam. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Gregory

Membaca doa sebelum tidur bukan hanya sekadar ritual, melainkan suatu bentuk kepasrahan diri kepada Allah Swt. Dengan doa, tidur menjadi lebih tenang dan damai karena yakin bahwa Allah selalu menjaga dan melindungi.

Sebaiknya juga memperhatikan adab-adab tidur. Mulai dari berwudhu, membersihkan tempat tidur, dan menghadap kiblat untuk mendapatkan keberkahan tidur yang lebih sempurna.

Berikut adalah doa tidur dalam Islam.

1. Doa Sebelum Tidur

اَللّٰهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا
Latin:
"Allahumma bismika amuutu wa ahyaa"
Artinya:
"Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup."

Dikutip dari Doa Dulu Dong, Muallim (2015: 34), doa ini diajarkan oleh Rasulullah Saw. untuk dibaca sebelum tidur. Doa ini mengingatkan akan kekuasaan Allah atas hidup dan mati, serta memberikan ketenangan bahwa diri ini berada dalam lindungan-Nya.

2. Doa Saat Menjelang Tidur

بِاسْمِكَ رَبِّى وَضَعْتُ جَنْبِى وَبِكَ أَرْفَعُهُ، إِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِى فَاغْفِرْ لَهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِينَ
Latin:
"Bismika rabbi wadha'tu janbi wa bika arfa'uhu, in amsakta nafsi faghfir laha, wa in arsaltaha fahfazh-ha bima tahfazu bihi 'ibadakas-shalihin."
Artinya:
"Dengan nama-Mu, ya Tuhanku, aku meletakkan tubuhku dan dengan nama-Mu aku mengangkatnya. Jika Engkau menahan jiwaku (mengambil nyawaku), maka ampunilah ia, dan jika Engkau melepaskannya (membiarkannya hidup), maka peliharalah ia sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa ini mengandung permohonan ampun dan perlindungan. Tidur diibaratkan sebagai kematian sementara, sehingga memohon ampunan jika ajal tiba saat tidur dan meminta perlindungan jika masih diberi kesempatan hidup.

3. Doa Setelah Bangun Tidur

اَلْـحَمْدُ لِلّٰـهِ الَّـذِيْ أَحْـيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ
Latin:
"Alhamdulillahil-ladzi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihin-nushur."
Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami dibangkitkan."

Doa ini mengucapkan rasa syukur atas nikmat hidup yang diberikan kembali setelah tidur. Mengingatkan bahwa kehidupan adalah anugerah yang harus disyukuri dan bahwa akhirnya semua akan kembali kepada Allah.

Baca juga: Bacaan Doa setelah Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Demikianlah doa tidur dalam Islam beserta artinya yang dapat diamalkan setiap malam oleh umat muslim. Semoga dengan memahami dan mengamalkan doa-doa ini, tidur menjadi ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah Swt. (Gin)

Media files:
01j0zwnt26dpdjknd2yta2pyme.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar