Search This Blog

Pengertian Sendi, Jenis, dan Fungsinya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Sendi, Jenis, dan Fungsinya
May 18th 2024, 19:16, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Harlie Raethel
Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Harlie Raethel

Pengertian sendi adalah bagian anatomi yang menghubungkan dua tulang atau lebih di dalam tubuh. Dengan sendi memungkinkan tubuh bergerak dengan bebas melakukan aktivitas sehari-hari.

Jumlah sendi setiap orang dapat berbeda-beda dari satu orang ke orang lainnya. Setidaknya ada sekitar 250 sampai dengan 350 sendi yang menghubungkan tulang-tulang manusia.

Pengertian Sendi Adalah

 Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Nino Liverani
Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Nino Liverani

Tanpa persendian tentunya, manusia akan kesulitan melakukan gerakan tubuh, seperti berjalan, memegang benda, menoleh sampai berbicara juga tidak lepas dari persendian. Lantas, apa pengertian sendi sebenarnya?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dikutip dari Buku IPA Terpadu Buku Pegangan Guru dan Siswa untuk SMP/MTs Kelas Semester 1, Tati Sulastri, (2020: 23), pengertian sendi adalah hubungan antar tulang (artikulasi/persendian). Tak hanya itu saja, sendi tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Dengan adanya sendi, maka hubungan antara tulang-tulang tubuh dapat digerakkan.

Fungsi Sendi

 Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Ta Z
Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Ta Z

Sendi berperan penting dalam sistem gerak. Tanpa persendian tentunya manusia kesulitan untuk menggerakkan tubuh, berjalan, atau memegang benda. Bahkan sekedar menolehkan kepala hingga berbicara pun tak lepas dari bantuan persendian.

Sama halnya dengan tulang, peran vital sendi ini perlu didukung dengan makanan bergizi. Oleh karenanya, memahami bagian ini membantumu menyadari pentingnya menjaga persendian yang sehat, agar tubuh bisa bergerak aktif tanpa masalah nyeri sendi maupun radang sendi.

Jenis Sendi

 Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Nino Liverani
Ilustrasi Pengertian Sendi Adalah. Sumber: Unsplash/Nino Liverani

Dilihat dari jangkauan geraknya, sendi terdiri dari 3 macam, yakni:

1. Sendi Mati

Sendi mati tidak memiliki rongga sambungan, tetapi menyatu dengan adanya jaringan fibrosa (misalnya, kolagen). Sendi ini tetap pada tempatnya sehingga tidak menyebabkan pergerakan.

2. Sendi Kaku

Sendi kaku merupakan bagian sendi yang bisa bergerak secara terbatas. Sendi ini berupa tulang rawan yang menyatukan antar-tulang, tanpa rongga sendi.

3. Sendi Gerak (Sendi Sinovial)

Berbeda dengan sendi mati dan sendi kaku, sendi gerak memiliki rongga sendi dan memiliki kemampuan untuk bergerak lebih banyak. Adanya rongga, jaringan fibrosa, dan cairan pelumas (cairan sinovial) pada sendi, membuat tubuh lebih mudah bergerak. Sendi gerak sendiri memiliki banyak jenis sesuai tipe gerakannya.

  • Sendi putar: ciri khas sendi putar adalah kemampuannya untuk menggerakkan tulang dalam gerakan memutar (rotasi) dari tulang lain.

  • Sendi geser: sendi geser bisa dikenali dari di bagian tulang yang membentuk gerakan bergeser searah secara mendatar.

  • Sendi pelana: sendi pelana membantu menggerakkan tulang ke berbagai arah yakni ke samping kiri dan kanan, serta gerakan ke depan dan belakang. Meski cukup fleksibel, sendi ini tidak mampu bergerak memutar.

4. Sendi Engsel

Sendi engsel bergerak seperti cara kerja engsel pintu. Membantu tulang bergerak searah menyerupai pintu yang dibuka-tutup.

5. Sendi Gulung

Sendi gulung ditandai dengan adanya rongga sendi dan bagian ujung tulang yang berbentuk bulat. Persendian ini menghasilkan gerakan dua sumbu arah secara fleksibel, kecuali gerak memutar.

6. Sendi Peluru

Sendi peluru merupakan jenis sendi untuk berbagai gerakan ke segala arah, termasuk gerak memutar. Sendi peluru memiliki rongga sendi dengan tulang yang ujungnya membulat (seperti bola).

Baca Juga: Pengertian dan Jenis Tulang Berdasarkan Bahan Penyusunnya

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian sendi adalah titik fisik penghubung antar dua tulang. Dengan adanya sendi akan mempermudah gerakan tubuh setiap manusia.(glg)

Media files:
01hy3arbkf4tskhd1msh3gf59b.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar