Search This Blog

Makna Tabayun dalam Kehidupan Sehari-hari dan Contoh Penerapannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Makna Tabayun dalam Kehidupan Sehari-hari dan Contoh Penerapannya
Apr 20th 2024, 21:05, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari. Foto: Unsplash/Sohaib Al Kharsa
Ilustrasi jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari. Foto: Unsplash/Sohaib Al Kharsa

Agama Islam telah mengajarkan umatnya untuk selalu berperilaku baik kepada sesama. Salah satunya adalah tabayun. Meski demikian, banyak yang bertanya tentang jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari!

Hal ini dikarenakan informasi di era sekarang dapat beredar sangat cepat dan mudah. Akan tetapi informasi yang beredar belum tentu dapat dipertanggungjawabkan hingga merugikan orang lain.

Makna Tabayun dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari. Foto: Unsplash/Hasan Almasi
Ilustrasi jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari. Foto: Unsplash/Hasan Almasi

Dikutip dari buku Menelusuri Lanskap Kontemporer oleh Nurliati Ahmad, dkk (2023) menurut sebagian besar ulama menjelaskan bahwa tabayun memiliki kata kerja tabayyana dari kata al-tabyin yang artinya mencari tahu dan memeriksa.

Sedangkan secara istilah, tabayun memiliki arti sama dengan tasabbut, yakni ketidak-tergesaan dalam menerima dan atau menyimpulkan suatu informasi yang diterima.

Sederhananya, tabayun memiliki arti mengedepankan klarifikasi, mencari kebenaran berita, dan memeriksa seluk-beluknya. Sumber utama harus jelas dan beberapa sumber harus saling mendukung. Sebagaimana dalam sebuah ayat, Allah Swt. berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu." (QS. Al-Hujurat: 6)

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa jawaban dari pertanyaan jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari adalah mencari tahu informasi yang beredar secara teliti dan tidak tergesa-gesa menggunakan metode ilmu pengetahuan.

Sehingga, informasi yang diterima dapat dipertanggungjawabkan dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.

Contoh Penerapan Tabayun dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi contoh penerapan tabayun dalma kehidupan sehari-hari. Foto: Unsplash/Luis Villasmil
Ilustrasi contoh penerapan tabayun dalma kehidupan sehari-hari. Foto: Unsplash/Luis Villasmil

Adapun beberapa contoh penerapan tabayun dalam kehidupan sehari-hari di antaranya:

  • Mengembalikan permasalahan kepada Allah Swt. dan rasul-Nya berdasarkan Alquran dan hadis yang melalui orang yang pandai dalam bidang tersebut.

  • Mempertanyakan atau berdiskusi dengan orang yang menjadi objek dari permasalahan tersebut.

  • Mendengarkan secara langsung dari orang yang menjadi objek beberapa kali dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Arti Tabayyun dalam Islam dan Cara Menerapkannya dalam Kehidupan

Demikianlah penjelasan singkat dari pertanyaan jelaskan makna tabayun dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan di atas membuat lebih selektif dalam menerima informasi yang beredar agar tidak diri sendiri dan orang lain.(MZM)

Media files:
01hvxc1kf7p72he1jbs8vq1n1x.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar