Search This Blog

Kalori Gorengan, Takjil yang Banyak Disukai Orang

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kalori Gorengan, Takjil yang Banyak Disukai Orang
Mar 16th 2024, 18:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Kalori Gorengan, Sumber Unsplash Joshua Hoehne
Kalori Gorengan, Sumber Unsplash Joshua Hoehne

Gorengan, salah satu takjil yang kerap disukai masyarakat termasuk umat muslim itu sendiri. Bahkan, makanan ini juga kerap dijual di hari-hari lain selain Ramadan karena banyaknya peminat. Namun sebelum membelinya, kalori gorengan perlu diketahui terlebih dahulu.

Pengetahuan akan kalori jajanan tersebut bisa membuat masyarakat menjaga kesehatan dengan lebih baik. Tak hanya diri sendiri saja, namun juga orang di sekitar.

Kalori Gorengan yang Sering Dibeli untuk Takjil

Kalori Gorengan, Sumber Unsplash Markus Winkler J
Kalori Gorengan, Sumber Unsplash Markus Winkler J

Berdasarkan buku Aku, Ramadan, dan Literasi, Idris Apandi (2017: 25), takjil merupakan makanan pembatal puasa saat berbuka. Takjil sering berupa makanan ringan atau jajanan selain nasi, seperti gorengan.

Gorengan menjadi salah satu takjil yang paling diburu menjelang berbuka puasa. Bahkan, masyarakat sering mengantre saat membelinya. Namun sebelum membelinya, kalori gorengan perlu diketahui dulu. Hal ini disebabkan kalori jajanan tersebut ternyata cukup tinggi.

Jadi, satu buah gorengan bisa mencapai kalori hingga 140 kkal. Kalori ini setara dengan dua centong nasi lebih. Padahal, gorengan sering dikonsumsi lebih dari satu buah. Selain itu, gorengan juga mengandung kadar lemak yang cukup tinggi.

Tingginya kedua hal tersebut disebabkan oleh cara pengolahannya, yaitu menggunakan gula, tepung, serta minyak. Selain itu, minyak yang digunakan jarang diganti oleh penjual gorengan hingga menghitam dan membuat kadar asam lemaknya semakin tinggi.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka beragam masalah kesehatan bisa muncul. Misalnya adalah obesitas dan diabetes.

Baca juga: Arti Takjil yang Ternyata Bukan Makanan

Tip Makan Gorengan agar Lebih Sehat

Kalori Gorengan, Sumber Unsplash Parmanand Jagnandan
Kalori Gorengan, Sumber Unsplash Parmanand Jagnandan

Ada dua tip agar bisa makan gorengan dengan lebih sehat. Berikut penjelasannya.

1. Batasi Jumlah Gorengan

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa gorengan masyarakat perlu membatasi jumlah gorengan yang dibeli serta dikonsumsi hingga seminimal mungkin. Selain itu, kurangi juga frekuensinya. Hal ini dapat menekan bahaya kesehahtan yang mengintai.

2. Membuat Sendiri

Gorengan bisa dibuat sendiri agar lebih sehat. Hal ini disebabkan masyarakat dapat mengontrol bahan-bahan dan minyak yang digunakan. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan minyak goreng berulang kali hingga menghitam.

Kesimpulannya, kalori gorengan cukup tinggi, yaitu hingga 140 kkal per buahnya. Itulah mengapa jumlah pembelian dan konsumsinya harus dibatasi. Akan lebih baik lagi jika bisa membuatnya sendiri. (LOV)

Media files:
01hs3d9m7bjtw16dsc6nggrm4r.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar