Search This Blog

Bacaan dan Tata Cara Sholat Witir dengan 1 Salam

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bacaan dan Tata Cara Sholat Witir dengan 1 Salam
Mar 22nd 2024, 18:30, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi bacaan dan tata cara sholat witir, Photo by SR on Unsplash
Ilustrasi bacaan dan tata cara sholat witir, Photo by SR on Unsplash

Setelah melaksanakan salat Isya, salat tarawih, ibadah salat yang perlu dilakukan di bulan Ramadan adalah sholat witir. Jumlah salat witir adalah ganjil. Bisa salat witir dengan 1 rakaat, tiga rakaat, 5 rakaat dan maksimal 11 rakat. Bacaan dan tata cara sholat witir dengan 1 salam, banyak dikerjakan oleh umat muslim di penjuru dunia.

Mengutip dari Buku Pintar Shalat, M. Khalilurrahman Al Mahfani, salat sunah witir adalah salat sunah yang bilangannya ganjil. Witir artinya ganjil. Tidak ada tasyahud awal, langsung tasyahud akhir. Salat sunah witir ini merupakan penutup salat. Selain membersamai salat tarawih, salat witir dikerjakan setelah salat tahajud di hari-hari biasa.

Bacaan dan Tata Cara Sholat Witir Ramadan 2024

Ilustrasi bacaan dan tata cara sholat witir, Photo by Utsman Media on Unsplash
Ilustrasi bacaan dan tata cara sholat witir, Photo by Utsman Media on Unsplash

Salat witir, salah satu sunah muakkad yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Dikerjakan pada malam hari setelah salat isya hingga menjelang waktu salat subuh. Nabi Muhammad saw terkadang melaksanakan salat witir di awal malam, terkadang di pertengahan malam, dan sesekali di akhir malam.

Bacaan dan tata cara sholat witir mudah ditunaikan, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengerjakannya, terutama di bulan suci Ramadan.

Bacaan Niat Salat Witir 2 Rakaat

أَصَلَّى سُنَّةَ مِنَ الْوِتْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ )مَأْمُوْمًا / إِمَامًا( لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal witri rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan (ma'muuman/imaaman) lillahi ta'aala.

Artinya, "Saya (berniat) mengerjakan sholat sunnah witir dua rakaat dengan menghadap kiblat, (makmum/imam), karena Allah Ta'ala."

Tata Cara Sholat Witir Berjamaah

  • Membaca niat sholat witir berjamaah yang telah dijabarkan sebelumnya

  • Takbiratul Ikhram

  • Bacaan Surat Al-Fatihah

  • Membaca surat ataupun ayat Alquran

  • Rukuk

  • I'tidal

  • Sujud pertama

  • Duduk di antara dua sujud

  • Sujud kedua

  • Ulangi langkah sebelumnya, jika niat salat witir lebih dari satu rakaat, sesuai dengan jumlah rakaatnya.

  • Takhiyat akhir.

  • Salam

Bacaan Doa Setelah Salat Witir

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ إِيْمَانًا دَائِمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا حَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِينًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِينًا قِيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَا فِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ، اللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلُ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَكُمْ تَقْصِيرُنَا يَا اللَّهُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma inna nas'aluka iimaanan daaiman, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anak'alukal ghinaa'a 'aninnaasi.

Allahumma rabbana taqabbal minna shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allahu yaa allahu yaa allahu yaa arhamar raahimiin. Washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihi ajma'iina, walhamdu lillahi rabbil 'aalamiin.

Artinya:

"Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: salat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad Saw., demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam."

Baca Juga: 6 Keutamaan Sholat Witir bagi Umat Muslim

Setelah mengetahui bacaan dan tata cara sholat witir, semoga ibadah puasa yang umat muslim laksanakan meraih keberkahan dan pahala dari Allah Swt.(IJS)

Media files:
01hsg0xrzj8pp167a44c1q657c.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar