Search This Blog

3 Ide Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan di Bulan Ramadan

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Ide Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan di Bulan Ramadan
Mar 22nd 2024, 17:25, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan. Sumber Unsplash/Umar Ben
Ilustrasi Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan. Sumber Unsplash/Umar Ben

Di bulan Ramadan, berjualan takjil merupakan ide bisnis yang sangat menghasilkan. Menu takjil buka puasa untuk jualan harus inovatif untuk menyikapi ketatnya persaingan.

War takjil atau berburu takjil menjadi tradisi Ramadan masyarakat Indonesia. Menu takjil yang banyak dijual, antara lain kolak, gorengan, lontong, serta sambal kacang.

3 Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan yang Tak Biasa

Ilustrasi Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan. Sumber Unsplash/Umar Ben
Ilustrasi Menu Takjil Buka Puasa untuk Jualan. Sumber Unsplash/Umar Ben

Menu takjil buka puasa umumnya berupa makanan ringan dengan rasa manis. Dikutip dari Kuliner Ramadan, Anang Zakaria (2013), berikut adalah tiga menu takjil buka puasa untuk jualan.

1. Es Lodeh

Selama ini, kata lodeh identik dengan sayur. Hal ini berbeda dengan es lodeh, yang termasuk jenis es buah dari Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Sepintas, es lodeh ini tak berbeda dengan minuman buah lainnya. Ada campuran irisan buah, susu, gula, dan sirup dalam satu mangkuknya.

Yang membedakan, campuran buah pada es lodeh ini lebih beragam. Ada irisan sawo, nangka, ketela rambat, nanas, pepaya, alpukat, dan tomat.

Irisan-irisan buah itu dicampur dengan sirup nanas, dawet, susu, gula pasir, dan santan. Uniknya, es lodeh bisa ditambah sambal rawit bagi penyuka pedas.

Dinginnya es bercampur manis buah, susu, dan pedasnya cabai akan membuat lidah mendapat pengalaman baru yang berkesan. Minuman unik ini dijamin akan langsung menarik perhatian masyarakat.

2. Ketan Susu

Ketan susu belum banyak dipilih sebagai menu takjil buka puasa untuk jualan. Keunggulan menu ini sebagai takjil adalah cita rasanya yang manis dan gurih dengan tekstur lembut, tetapi mengenyangkan.

Ketan susu adalah penganan berupa nasi ketan putih bertabur parutan kelapa, kemudian dikucuri lelehan susu kental. Uniknya, ketan susu dapat disantap dengan tempe goreng.

3. Jemunak

Jemunak adalah sejenis bubur kenyal manis, yang berasal dari Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Bubur ini dikenal sebagai makanan khas yang hanya ada pada Ramadan.

Jemunak terbuat dari bahan dasar ketela, beras ketan, gula merah, dan kelapa. Selain rasanya yang manis dan gurih, jajanan ini digemari karena dapat mengembalikan stamina tubuh setelah seharian berpuasa.

Baca juga: Bacaan Doa Niat Puasa dan Buka Puasa Lengkap dengan Arab dan Artinya

Demikian tiga menu takjil buka puasa untuk jualan. Menu ini tentu masih dapat dimodifikasi lagi sesuai kreativitas, untuk menjadikannya unik dan berbeda. (DK)

Media files:
01hshkbe26s9xzqt4mfvz8egn6.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar