Search This Blog

Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, dan Cara Menggunakannya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pengertian Analisis SWOT, Tujuan, dan Cara Menggunakannya
Feb 24th 2024, 20:56, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi pengertian analisis SWOT. Foto: Unsplash/Dylan Gillis
Ilustrasi pengertian analisis SWOT. Foto: Unsplash/Dylan Gillis

Dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha, diperlukan adanya perencanaan dan strategi demi keberlangsungan. Salah satu yang populer digunakan adalah analisis SWOT. Untuk melakukannya, tentunya perlu mengetahui pengertian analisis SWOT.

Meskipun sudah aja sejak lama, namun analisis ini sangat efektif. Terutama untuk menumbuhkan dan mengembangkan bisnis di masa depan sesuai dengan keinginan pasar.

Pengertian Analisis SWOT

Ilustrasi pengertian analisis SWOT. Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson
Ilustrasi pengertian analisis SWOT. Foto: Unsplash/Gabrielle Henderson

Dikutip dari buku Evaluasi Diri untuk Pengembangan Kinerja oleh Junaidi (2021), pengertian analisis SWOT adalah instrumen perencanaan strategis, dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan, kesempatan dan ancaman.

Analisa SWOT juga bisa diartikan sebagai suatu cara menganalisa faktor-faktor internal dan eksternal menjadi langkah-langkah strategis dalam pengoptimalan usaha yang lebih menguntungkan. Metode ini dilakukan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

Analisis SWOT sendiri terbagi menjadi empat faktor, yakni:

  1. Strength (kekuatan). Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep yang ada. Kekuatan yang dianalisis adalah faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep yang ada.

  2. Weakness (kelemahan). Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep yang ada. Kelemahan yang dianalisis adalah faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep yang ada.

  3. Opportunities (peluang). Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang akan terjadi. Kondisi yang terjadi adalah peluang dari organisasi, proyek, atau konsep itu sendiri misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, dan kondisi lingkungan sekitar.

  4. Threat (ancaman). Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini bisa mengganggu organisasi, proyek, atau konsep itu sendiri.

Tujuan Analisis SWOT

Ilustrasi tujuan analisis SWOT. Foto: Unsplash/Jose Vazquez
Ilustrasi tujuan analisis SWOT. Foto: Unsplash/Jose Vazquez

Sebagai metode yang populer digunakan oleh perusahaan, analisis SWOT sendiri memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Memudahkan Pemetaan Faktor Penting

  2. Empat komponen dalam analisis SWOT akan memudahkan untuk mengetahui sekaligus juga memetakan faktor apa saja yang penting dalam sebuah strategi.

  3. Memprediksi Masalah yang Akan Datang

  4. Analisis SWOT juga memungkinkan untuk mengetahui potensi-potensi yang bisa memicu permasalahan. Sehingga pebisnis bisa memprediksi masalah apa yang mungkin muncul.

  5. Mengetahui Posisi Perusahaan

  6. Dengan menggunakan analisis SWOT, pebisnis bisa mengetahui posisi perusahaan dan menganalisa perusahaan lawan. Hal ini tentu berguna untuk bisa mengalahkan perusahaan lawan di pasar.

  7. Perusahaan Bisa Berkembang Lebih Pesat

  8. Analisis SWOT yang digunakan dengan maksimal akan mempermudah pebisnis untuk mengembangkan perusahaan.

  9. Mudah dalam Pengambilan Keputusan

  10. Analisis SWOT digunakan untuk perencanaan strategi dan penyelesaian masalah. Oleh karena itu, analisis SWOT bisa mempermudah pebisnis untuk mengambil keputusan penting.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Ilusrasi cara menggunakan analisis SWOT. Foto: Unsplash/Sebastian Herrmann
Ilusrasi cara menggunakan analisis SWOT. Foto: Unsplash/Sebastian Herrmann

Untuk menggunakan metode analisis SWOT, terdapat beberapa langkah yang dapat dijalankan, antara lain:

1. Menentukan Tujuan secara Terperinci

Tentukan tujuan yang akan dicapai secara rinci, jelas, dan sistematis. Tujuan merupakan fondasi yang paling mendasar dari setiap langkah dalam berbisnis.

Untuk menentukannya, beberapa cara yang dapat digunakan yakni:

  • Melihat seberapa dalam tujuan yang akan dicapai.

  • Memetakan tujuan jelas untuk melihat arah bisnis secara konsisten karena memiliki sandaran yang pasti.

  • Bersifat rasional dengan menentukan secara bertanggung jawab apakah tujuan tersebut dapat dicapai atau tidak.

2. Membuat Diagram atau Matrik Analisis SWOT

Melakukan diagram atau matrik analisis SWOT dengan melihat faktor-faktor yang menghambat pencapaian tujuan, seperti weaknesses (kelemahan) dan threats (ancaman).

Selain itu juga bisa melihat faktor-faktor yang membantu tercapainya tujuan, seperti strengths (kekuatan) dan opportunities (peluang).

3. Bentuk Tim Perencana

Untuk menganalisis hal-hal apa saja yang terjadi dibutuhkan adanya tim perencanaan yang berasal dari latar belakang berbeda. Semakin beragam latar belakang tim perencana, peluang pencarian yang berkaitan dengan empat unsur analisis SWOT akan lebih detail.

4. Susun Pertanyaan Penting dalam Empat Unsur Analisis SWOT

Setelah mengetahui beberapa isu penting melalui tahapan brainstorming bersama tim, tahap berikutnya adalah menyusun pertanyaan-pertanyaan fundamental yang menyangkut empat unsur analisis SWOT.

Baca Juga: Faktor Internal dalam Analisis SWOT Sebuah Perusahaan Faktor

Dengan mengetahui pengertian analisis SWOT, tujuan, dan cara menggunakannya akan lebih memudahkan dalam menentukan strategi bisnis di masa depan. Sehingga, kegagalan strategi hingga kerugian dapat diminimalisir.(MZM)

Media files:
01hqd873c56ybaj41w8qskw8wr.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar