Search This Blog

Gerakan Nurani Bangsa Soroti Lembaga Survei: Harus Terbuka Biaya dan Sponsornya

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Gerakan Nurani Bangsa Soroti Lembaga Survei: Harus Terbuka Biaya dan Sponsornya
Feb 10th 2024, 19:53, by M Lutfan D, kumparanNEWS

Konferensi pers Gerakan Nurani Bangsa (GNB) mendorong Pemilu yang mengedepankan etika dan nurani, di Grha Oikoumene, Sabtu (10/2/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan
Konferensi pers Gerakan Nurani Bangsa (GNB) mendorong Pemilu yang mengedepankan etika dan nurani, di Grha Oikoumene, Sabtu (10/2/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan

Gerakan Nurani Bangsa (GNB) menanggapi terkait hasil dari berbagai lembaga survei di Indonesia yang seolah mengarahkan dan membentuk opini agar memenangkan paslon tertentu.

Mantan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang juga merupakan tokoh GNB, Komaruddin Hidayat, menilai keberadaan lembaga survei merupakan bagian dari demokratisasi.

Kendati begitu, lembaga survei itu ke depannya diharapkan lebih terbuka terkait metode, biaya, hingga sponsornya. Sehingga masyarakat bisa melihat secara objektif hasil survei tersebut.

"Survei ini bagian dari demokratisasi, punya hak melakukan kegiatan. Namun dengan catatan, ke depan itu diharapkan nanti harus terbuka dengan metode, biaya, dan sponsornya," ujarnya dalam konferensi pers GNB, di Grha Oikoumene, Sabtu (10/2).

Ia menyebut, hal tersebut juga dilakukan oleh lembaga survei di negara-negara maju. Menurutnya, survei-survei di negara maju sudah terbuka, mulai dari sponsornya hingga pemaparan komprehensif terkait metode yang digunakan.

"Belajar dari pengalaman negara-negara maju, itu surveinya terbuka, siapa sponsornya, metodenya dari A sampai Z, itu terbuka," ucapnya.

Sehingga, Komaruddin pun meminta hasil dari lembaga survei di Indonesia mestinya dapat ditinjau ulang.

"Makanya, kalau sekarang ini dianggap ada beberapa kelemahan-kelemahan, ini perlu dilakukan sebuah perubahan," kata Komaruddin.

"Dikhawatirkan, survei itu mesti punya agenda, sebab seorang yang memberikan sponsor itu, kan, punya target. Nah ini yang dikhawatirkan, survei itu bukannya bohong, tapi menutupi apa yang dia temukan. Jadi, catatan dari GNB survei-survei ke depan itu ditinjau ulang," pungkasnya.

Media files:
01hp942vys7q1n13x73abqdsjr.jpg (image/jpeg)
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar